Perempuan-perempuan Indonesia yang Berhasrat Jadi Pemimpin Daerah

Nasional / 21 April 2010

Kalangan Sendiri

Perempuan-perempuan Indonesia yang Berhasrat Jadi Pemimpin Daerah

Budhi Marpaung Official Writer
4926

Politik bukan lagi konsumsi kalangan pria semata, kalangan wanita pun saat ini memiliki minat yang sama terhadap bidang tersebut. Salah satu bukti yang ada, sejumlah wanita telah mendeklarasikan diri siap maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayahnya masing-masing.

Dari penelusuran yang dilakukan Jawaban.com, setidaknya ada 10 perempuan yang akan berpartisipasi dalam Pilkada 2010, yakni Maya Rumantir (Cagub Sulawesi Utara), Hj. Anna Sophana (Cabup Indramayu), Dra.Hj. Srie Indrawati, MM (Cabup Indramayu), dr. Hj. Tati Rochdiati (Cabup Indramayu), dr Haryanti (Cabup Kediri), Ny Nurlaila (Cabup Kediri), Julia Perez (Cawabup Pacitan), Ratih Sanggarwati (Cabup Ngawi), Emilia Contessa (Cabup Banyuwangi), dan terakhir Inul Darasista (Cabup Malang).

Terkait dengan nama-nama diatas, pesimisme masih diperlihatkan banyak pihak yang masih meragukan kapabilitas mereka untuk memimpin sebuah provinsi atau daerah. Selain belum teruji benar, budaya partriarki juga merupakan hambatan bagi kaum wanita untuk bereksistensi di tengah-tengah masyarakat.

Jalan untuk menghancurkan hambatan tersebut memang masih panjang, tetapi setidaknya sekarang perempuan-perempuan di Indonesia nikmati saja kesempatan untuk melakukan apa yang diinginkannya.

Selamat Hari Kartini kepada semua kaum perempuan di Indonesia.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami