2015, Indonesia Menjadi Penghasil Ikan Terbesar Di Dunia

Nasional / 19 April 2010

Kalangan Sendiri

2015, Indonesia Menjadi Penghasil Ikan Terbesar Di Dunia

Daniel Official Writer
3158

Tahun 2015, Indonesia ditargetkan menjadi negara penghasil ikan terbesar di dunia. Demikian diungkapkan oleh Dirjen Usaha dan Investasi Kementerian Perikanan dan Kelautan Viktor Nikijulu pada saat berkunjung ke Gorontalo, Sabtu (17/4).

Viktor merasa optimis bahwa target tersebut akan terealisasi jika disertai dengan berbagai pengembangan produk perikanan di Indonesia. Menurut Viktor, hal pertama yang harus dibenahi adalah adalah infrastruktur perikanan dan fasilitas yang dimiliki nelayan. Hal ini diharapkan akan menunjang kuantitas dan kualitas produk perikanan. Kemudian Indonesia harus mengubah strategi pemasaran yaitu mengubah produk perikanan yang memiliki nilai tambah sehingga bisa bersaing di pasar dunia.

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam bidang perikanan. Saat ini kementerian perikanan dan kelautan sedang menjajaki pasar di kawasan Timur Tengah dan Afrika, dengan mengandalkan produk perikanan olahan. Indonesia sangat kaya dengan sumber daya kelautan namun hal tersebut harus didukung oleh pengelolaan dan pengawasan yang baik dari pemerintah dan masyarakat.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami