Tibet Berduka Atas Tewasnya 760 Korban Gempa

Nasional / 16 April 2010

Kalangan Sendiri

Tibet Berduka Atas Tewasnya 760 Korban Gempa

Puji Astuti Official Writer
2886

Rakyat Tibet saat ini sedang berduka atas jumlah korban tewas yang terus merangkak naik hingga 760 orang dalam gempa yang mengguncang Gyegu. Perdana Menteri Wen Jiabao berjanji akan terus melakukan upaya penyelamatan hingga di dataran tinggi Tibet.

Saat ini para korban selamat harus meringkuk di tenda-tenda ditengah dingin yang menggigit, sementara para dokter berusaha semampunya mengobati para korban yang terluka di sebuah pusat kesehatan darurat.

Para biarawan Budha di biara utama Gyegu melantunkan sutra bagi tumpukan mayat yang tewas dalam gempa ini. Tampak beberapa warga tengah mencari keluarganya diantara ratusan orang yang tewas tersebut.

Bagi mayat yang tidak memiliki keluarga atau yang tidak diambil oleh keluarganya, pemakamannya langsung diurus oleh para biksu di biara tersebut.

Kemungkinan korban tewas akan terus bertambah, dari LSM yang terjun dilokasi bahkan jumlah yang tewas angkanya telah mencapai 1000 orang, dan ribuan orang lainnya dalam keadaan terluka. Saat ini ada sekitar 243 orang yang dinyatakan hilang.

Stidaknya ada dua wanita yang melahirkan di tenda-tenda darurat dan beberapa wanita hamil lainnya diupayakan dipindah ke ibukota provinsi Xining sejauh 620 km dari lokasi kejadian.

Karena bencana gempa ini, Presiden China Hu Jiantao mempercepat kepulangannya dari Brazil dan membatalkan kunjungannya ke Venezuela dan Chili.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami