Korban Gempa China Telah Mencapai 400 Orang

Nasional / 14 April 2010

Kalangan Sendiri

Korban Gempa China Telah Mencapai 400 Orang

Daniel Official Writer
2777

Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter di dataran tinggi Tibet di China barat laut, yang terjadi Rabu (14/4) pagi telah menelan korban mencapai 400 orang dan melukai sedikitnya 10.000 orang sedang yang lainnya masih tertimbun reruntuhan. Demikian diberitakan oleh The New York Times yang dikutip dari media nasional China.

Gempa itu meruntuhkan rumah tinggal, gedung sekolah, dan perkantoran. Gempa  mengguncang wilayah etnis Yushu-Tibet di Provinsi Qinghai. Dataran tinggi Tibet tergolong rawan diguncang gempa bumi. Namun, jumlah korban biasanya tidak banyak karena daerah itu jarang penduduknya.

Kepada kantor berita Xinhua, Zhuohuaxia, juru bicara pemerintah lokal menyatakan bahwa banyak warganya yang terluka dan kehilangan tempat berlindung di tengah suhu membeku yang tengah melanda Yushu. Pemerintah setempat membutuhkan bantuan berupa tenda, peralatan medis, obat-obatan, dan tenaga medis.

Pemerintah China telah menurunkan lebih dari 700 paramiliter dan 3.000 tentara untuk membantu mengevakuasi para korban gempa selain itu juga mengirimkan 5.000 tenda dan 50.000 selimut.

Sumber : nytimes.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami