Tibet Diguncang Gempa 7,1 Skala Richter

Nasional / 14 April 2010

Kalangan Sendiri

Tibet Diguncang Gempa 7,1 Skala Richter

Puji Astuti Official Writer
2576

Gempa dengan kekuatan 7.1 Skala Richter mengguncang dataran tinggi Tibet pada Rabu waktu setempat, dan menewaskan sediktinya 67 orang dan masih banyak lagi yang terperangkap di reruntuhan rumah.

Provinsi Qinghai Yushu ini terus diguncang gempa susulan berkekuatan rendah. Tentara China telah dikirim untuk melakukan tanggap bencana di daerah ini. Namun selain gempa, suhu membeku menambah penderitaan para korban yang berada di daerah pegunungan dan terpencil ini.

Gempa ini berpusat di 150 mil utara barat laut Qamdo, Tibet dan 235 mil Selatan tenggara kota tambang Golmud di Qinghai dengan kedalaman 6,2 kilometer.

Gempa sering terjadi di daerah pegunungan Tibet ini namun biasanya korban jiwa sangat sedikit. Salah satu gempa besar akibat pergerakan benua India menuju Himalaya adalah gempa pada Mei 2008 di provinsi Sinchuan yang menewaskan 80.000 orang.

Awal tahun ini dunia diguncang dengan gempa bumi secara bertubi-tubi, salah satunya adalah gempa di Haiti. Indonesia pun tidak luput dari hal ini, beberapa minggu lalu Aceh juga diguncang gempa dengan kekuatan 7 SR. Apakah ini salah satu tanda-tanda akhir jaman sudah dekat? Pertanyaan ini banyak muncul di masyarakat saat ini. Bagaimana menurut Anda.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami