Peringatan 120 Tahun Migrasi Orang Jawa Ke Suriname

Nasional / 11 April 2010

Kalangan Sendiri

Peringatan 120 Tahun Migrasi Orang Jawa Ke Suriname

Daniel Official Writer
4611

Kegiatan untuk memperingati migrasi pertama 94 orang Jawa ke Suriname 120 tahun silam ini diberi judul Javasranang. Kegiatan Javasranang yang akan dilaksanakan di Karta Pustaka, Yogyakarta, 12-18 April 2010 ini menyajikan pameran foto, arsip, dan video masyarakat Jawa Suriname, serta seminar bertema pentingnya penelitian kontemporer orang Jawa Suriname dengan pembicara antara lain : Ketua Perhimpunan Imigrasi Jawa Suriname Bob Saridin, mantan Duta Besar Indonesia untuk Suriname Suparmin Sunjoyo, dan antropolog dari Universitas Gadjah Mada PM Laksono

Manajer Proyek Javasranang, Titus Soepono Adji, menyebutkan bahwa peristiwa itu menjadi menarik karena sama sekali tidak pernah menjadi catatan penting bagi orang Jawa di Indonesia. Imigran Jawa telah mengarungi samudra hingga ke Amerika Selatan bukan atas biaya sendiri sebagaimana kelaziman para petualang karena mereka adalah para kuli kontrak perkebunan pemerintah kolonial Belanda.

Titus menjelaskan, Javasranang yang berarti Jawa Suriname dalam bahasa sranang tongo adalah kegiatan yang akan memperlihatkan kondisi kontemporer Suriname. Sekitar 15 persen penduduk Suriname adalah keturunan Jawa yang bermigrasi secara paksa sejak akhir abad ke-20. Menurut      Titus, kini orang Jawa Suriname justru bisa menjadi cermin bagi orang Jawa yang tinggal di Jawa sehingga kegiatan Javasranang memiliki arti penting, tidak hanya sebagai ajang memperingati suatu kejadian semata, tetapi lebih dari itu juga sebagai media refleksi bagi masyarakat Jawa secara luas.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami