Gayus Sebutkan 10 Nama Pejabat Ditjen Pajak

Nasional / 7 April 2010

Kalangan Sendiri

Gayus Sebutkan 10 Nama Pejabat Ditjen Pajak

Daniel Official Writer
3733

Setelah diinterogasi selama 1,5 jam oleh Tim Itjen Kementerian Keuangan pada Senin (5/3) di Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, akhirnya Gayus Tambunan buka mulut. Gayus menyebutkan bahwa ada 12 hingga 13 nama terlibat dalam praktik makelar pajak yang terkait dengan dirinya.  Diperkirakan 10 nama yang disebutkan merupakan pejabat di Direktorat Jenderal Pajak dan Kementerian Keuangan sedangkan selebihnya adalah orang-orang di luar Kementerian Keuangan.

Menurut Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Hekinus Manao, Gayus tidak menyebutkan nama Dirjen Pajak karena jabatan tertinggi yang disebutnya adalah pejabat eselon II di Ditjen Pajak. Hal ini diungkapkan Hekinus Manao di Jakarta, Selasa (6/4), seusai menghadiri pelantikan 10 pejabat di lingkungan Ditjen Pajak.

Sanksi yang akan dikenakan terhadap 10 pimpinan Gayus di Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak tersebut baru  akan diputuskan pada hari Jumat (9/4) atau paling lambat hari Senin (12/4). Namun sudah dipastikan bahwa 3 dari 10 pejabat tersebut akan dinonaktifkan atau diposisikan sebagai PNS tanpa jabatan apa pun, sedangkan tujuh lainnya akan dimutasi. Diharapkan pengungkapan kasus Gayus ini sebagai langkah awal pemberantasan korupsi dari Indonesia.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami