Dari Seekor Babi Dibuat 185 Produk

Nasional / 31 March 2010

Kalangan Sendiri

Dari Seekor Babi Dibuat 185 Produk

Daniel Official Writer
4765

Christien Meindertsma (29), peneliti wanita asal Belanda, selama tiga tahun meriset produk yang bisa dihasilkan oleh seekor babi. Obyek penelitiannya adalah seekor babi berkode "Pig 05049" dari sebuah peternakan di Belanda. Tujuannya adalah untuk menunjukkan pada masyarakat bagaimana sebuah produk dibuat, dikemas dan dari mana produk tersebut berasal. Seperti yang ditulis oleh vivanews.com, Rabu (31/3)

Peneliti lulusan Akademi Desain Eindhoven itu mengikuti babi tersebut dari tempat penjagalan babi sampai tubuh babi itu dikapalkan dalam beberapa bagian ke penjuru dunia. Meindertsma mengikuti produk itu, mulai dari perusahaan yang menangani hewan mati sampai ke perusahaan kecil yang memproduksi sesuatu menggunakan bagian dari tubuh babi tersebut. Perempuan itu menemukan bahwa  tubuh babi itu bisa dibuat menjadi 185 produk yang berbeda, mulai dari bubuk mesiu, sabun, obat, kertas foto, katup jantung, cat mobil, permen karet, porselen, yogurt, marshmellow, kosmetik, filter rokok, kondisioner, sampai biodiesel.

Hasil riset itu kemudian dibukukan, lengkap dengan grafik dan foto-foto produk, kemudian dipamerkan dalam sebuah pameran. Karena ketekunannya, pada tahun 2009 Meindertsma mendapatkan sebuah penghargaan: Index Award 2009. Namun terungkapnya 185 produk yang mengandung babi tersebut menimbulkan masalah yang sensitive di kalangan penganut agama yang mengharamkan babi. Tuhan Yesus mengatakan "bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang" karena "apa yang keluar dari mulut berasal dari hati" dan "dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat." Inilah yang menajiskan manusia.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami