Reksa Dana Apa Yang Cocok Tahun Ini?

Investment / 28 March 2010

Kalangan Sendiri

Reksa Dana Apa Yang Cocok Tahun Ini?

Daniel Official Writer
2812

Jika anda yang merasa kesulitan menentukan produk investasi yang tepat dan aman, produk reksa dana bisa menjadi pilihan Anda karena reksa dana bisa bersifat fleksibel terhadap situasi pergerakan pasar. Menanamkan investasi di produk reksa dana berarti anda mempercayakan dana anda untuk diinvestasikan oleh manajer-manajer investasi. Anda cukup menentukan jenis reksa dananya, nanti manajer investasi yang aktif melakukan perdagangan di pasar modal. Anda sebagai investor cukup memantau saja perkembangan nilai dana anda.

Ada 5 jenis reksa dana yang perlu Anda ketahui, yakni reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana indeks dan reksa dana campuran. Masing-masing jenis reksa dana tersebut, akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke jenis produk investasinya. Misalkan, reksa dana saham, tentu akan manajer investasi akan menempatkan dana investasi yang ditanamkan seorang investor ke produk-produk saham.

Namun untuk tahun 2010, reksa dana campuran dinilai menjadi instrumen yang paling menarik untuk berinvestasi sebab Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan terus menguat seiring dengan pemulihan ekonomi di tahun 2010. Reksa dana campuran merupakan reksa dana yang menempatkan dana investasinya pada seluruh produk pasar modal, tentunya dengan besaran porsi yang berbeda-beda.

Misalkan, sebuah produk reksa dana campuran menawarkan penempatan dana investasi di saham sebesar 30% dan sisanya di obligasi 70%.

Menurut Direktur Utama PT Danareksa Investment Management John D Item, selain reksa dana campuran, instrumen investasi yang menarik adalah reksa dana pasar uang. Reksa dana jenis ini nilainya lebih tinggi ketimbang investasi dalam bentuk deposito dan risikonya tahun ini tidak akan terlalu tinggi.

Menurutnya, modal awal yang diperlukan untuk mulai berinvestasi di reksa dana tidak besar. Investor bisa mulai membuka rekening dengan dana kecil, lalu sedikit demi sedikit ditambah portfolionya. Hanya dengan modal Rp 250.000,-, Anda sudah bisa memulai investasi Anda. Semakin cepat Anda berinvestasi dalam reksa dana jenis ini makin cepat Anda menuai keuntungan.

Sumber : detikfinance.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami