Orang Buta Bisa Melihat Dengan Lidah

Nasional / 19 March 2010

Kalangan Sendiri

Orang Buta Bisa Melihat Dengan Lidah

Daniel Official Writer
3249

Kopral Muda Craig Lundberg  kehilangan pengelihatannya karena terkena pecahan granat pada tahun 2007. Namun dengan bantuan teknologi, kini ia bisa 'membaca' kata-kata dan 'melihat' dengan lidahnya. Ini sungguh luar biasa.

Lundberg menggunakan sebuah alat bernama BrainPort. Dia adalah orang pertama yang menggunakan alat ini di Inggris, seperti yang ditulis Gizmodo, Jumat (19/3),

BrainPort berupa sepasang kacamata dilengkapi dengan kamera video. Perangkat ini terhubung dengan alat menyerupai lolipop yang diletakkan di mulut. BrainPort, dibuat oleh ahli-ahli saraf di Wicab, Inc, alat ini memungkinkan orang buta dapat melihat dengan lidah mereka.

Dengan BrainPort, apa saja yang tertangkap kamera akan di-convert menjadi sinyal elektrik dan dikirim ke lidah. Kemudian otak akan mengolah sinyal elektrik itu dan menerjemahkannya menjadi gambar.

Perangkat ini sedang dalam tahap pengembangan dan akan segera dipasarkan. Diperkirakan alat ini akan dijual dengan harga 10.000 Dollar US. Kehadiran BrainPort akan memberikan harapan baru bukan hanya bagi para penyandang tuna netra saja tetapi juga penyakit mata lainnya seperti glukoma.

Sumber : detik.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami