Mobil Pribadi Wajib Pakai BBM Non Subsidi

Nasional / 12 March 2010

Kalangan Sendiri

Mobil Pribadi Wajib Pakai BBM Non Subsidi

Daniel Official Writer
3031

Rencananya pemerintah akan mengeluarkan larangan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk kendaraan pribadi. Demikian diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh di Jakarta, Jumat (12/3).

Menurut Darwin, langkah ini perlu ditempuh karena pemerintah sulit mengendalikan harga minyak mentah dunia yang berdampak langsung kepada subsidi bahan bakar minyak. Selain itu, subsidi seharusnya ditujukan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Darwin berharap penerapan tersebut bisa dilakukan tahun ini namun realisasinya belum ditentukan secara pasti. Darwin juga memastikan pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada tahun ini, meskipun harga minyak dunia sekarang berada di kisaran US$ 80 per barel kecuali dalam keadaan terpaksa.

Darwin menjelaskan batas acuan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) yang masih ditolerir Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2010 jika disetujui Dewan adalah 10 persen dari US$ 77 per barel. Jika ICP masih berkisar di US$ 85, APBN masih tergolong aman.

Lagi-lagi, pemerintah merencanakan peraturan yang tidak populer, yang bisa memicu kotroversi dalam masyarakat. Namun jika peraturan ini benar-benar diterapkan akan sangat membantu perekonomian negara. Dalam penerapannya diperlukan pengawasan yang ketat dan berkesinambungan supaya tidak terjadi penyimpangan.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami