Tips Hindari Kontaminasi Di Lemari Es

Tips Hindari Kontaminasi Di Lemari Es

Daniel Official Writer
4143

Kita sering meletakkan berbagai bahan makanan mulai dari minuman, sayuran, buah, daging mentah, hingga makanan-makanan sisa ke dalam lemari pendingin. Tetapi Anda perlu tahu bahwa isi lemari es (kulkas) yang beraneka ragam ini bisa mengakibatkan makanan terkontaminasi dan dapat menimbulkan keracunan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum menyimpan bahan makanan dalam lemari es :

1. Atur letak bahan makanan Anda. Beberapa lemari es telah menyediakan kotak-kotak khusus untuk meletakkan makanan tertentu seperti daging, sayuran, buah-buahan bahkan sampai kotak untuk menyimpan obat-obatan. Letakan bahan makanan sesuai kotak yang sudah disediakan.

2. Bungkuslah makanan dengan rapat sebelum disimpan. Ini untuk menghindari makanan terkotaminasi oleh makanan yang lainnya. Jangan sampai daging mentah atau jus menetes ke makanan lain, jadi bungkus rapat-rapat makanan yang Anda simpan.

3. Jangan menyimpan sisa-sisa makanan terlalu lama. Ada beberapa makanan yang bisa menimbulkan aroma yang kurang sedap jika disimpan terlalu lama.

4. Bersihkan lemari es secara berkala.

Meskipun lemari es dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman pada makanan, namun bisa saja kuman menempel pada saat makanan berada di luar. Oleh karena itu, jika ingin menyantap makanan dari lemari pendingin, biasakan memanaskannya terlebih dahulu. Selain itu, jangan konsumsi makanan atau minuman yang sudah keluar dari kulkas lebih dari dua jam tanpa proses pemanasan ulang.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami