Siapa Orang Terkaya di Dunia Tahun Ini?

Nasional / 11 March 2010

Kalangan Sendiri

Siapa Orang Terkaya di Dunia Tahun Ini?

Puji Astuti Official Writer
4562

Majalah Forbes, pemberi gelar "Orang Terkaya" di dunia mengumumkan daftar namanya pada Rabu (10/3) lalu. Untuk kedua kalinya sejak tahun 1995, nama Bill Gates si pendiri Microsoft tidak berada di urutan no 1. Jadi, siapakah yang merebut gelar tersebut dari Gates?

Namanya adalah Carlos Slim, raja telekomunikasi di Meksiko dengan total bersih kekayaan senilai $ 53.5 miliar.

Carlos merupakan orang luar Amerika pertama sejak tahun 1994 yang menjadi orang terkaya versi Forbes. Posisi Gates ada di urutan kedua, nilai kekayaannya Gates yang sebesar $ 53 miliar beda tipis dengan Carlos. Di urutan ke tiga ada Waren Buffett dengan kekayaan bersih sebesar $ 47 miliar.

 Di tahun 2010 ini, jumlah para miliarder bertambah dari 793 orang menjadi 1.011. Namun jumlah itu masih belum mengalahkan rekor di tahun 2008 yang berjumlah 1.125 milyader.

Amerika sepertinya belum pulih dari krisis, hal ini dilihat dari jumlah miliader asal AS yang semakin menyurut. Cina muncul menjadi negara nomor 2 yang paling banyak menghasilkan miliarder setelah Amerika, diurutan selanjutnya ada Rusia, Taiwan, Koera Selatan, Hongkong dan India. Dilihat dari segi gender, wanita masih terbilang sedikit yang masuk golongan miliarder ini. Dari 1.011 miliarder, 89 diantaranya wanita, termasuk diantaranya adalah Oprah Winfrey. Selama 3 tahun terakhir, miliarder termuda di dunia masih di pegang oleh Mark Zuckerber (25) pendiri Facebook dengan kekayaan bersih $ 4 miliar.

Namun tidak semua miliarder bisa mempertahankan kekayaannya. Hal ini terjadi kepada pewaris kekayaan asal Jerman, Madeleine Schickedanz. Dari peringkat 147 orang terkaya versi Forbes pada tahun 2007, kini ia hanya hidup dengan beberapa ribu dolar setiap bulannya.

Kekayaan di dunia ini bisa lenyap dalam sekejab, karena semua itu tidak abadi. Namun bukan berarti berkarya dan berbisnis tidak penting. Jika saja Indonesia menghasilkan ribuan pengusaha yang menjadi miliarder setiap tahunnya, negeri ini akan semakin makmur. Jadi, Andakah miliarder terkaya di dunia selanjutnya?

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami