Perang Antar Agama Tewaskan 200 Orang Nigeria

Internasional / 8 March 2010

Kalangan Sendiri

Perang Antar Agama Tewaskan 200 Orang Nigeria

Puji Astuti Official Writer
4849

Juru bicara Palang Merah menyatakan bahwa ratusan orang telah melarikan diri dari kota Jos, Nigeria karena kerusuhan antar agama.

Robin Waubo, juru bicara Palang Merah ini menyatakan bahwa pihak militer telah memasuki tiga desa di selata kota Jos pada Minggu (7/3) sore. Menurut laporan terakhir, sekitar 200 orang dinyatakan tewas karena pertikaian antara Kristen dan Muslim dan di kuatirkan jumlah itu akan masih terus bertambah.

Seorang pejabat Palang Merah di dekat negara Bauchi menyatakan bahwa saat ini ada sekitar 600 orang telah melarikan diri ke kamp-kamp pengungsian.

Kebanyakan yang tewas berasal dari pihak Kristen. Diperkirakan sekitar 4000 orang terluka dan kerusuhan yang berlangsung selama tiga hari. Kerusuhan antara Kristen dan Islam sudah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun, namun semakin memanas pada pertengahan Januari 2010 lalu. Menurut kepolisian setempat, peristiwa itu dipicu oleh penyerangan gereja yang dilakukan oleh pihak Muslim.

Ribuan orang telah tewas karena pertikaian antar agama di Negiria ini. Fanatisme dan keegoisan telah menyebabkan banyak orang mati dengan sia-sia. Mari doakan agar damai bisa terjadi di Nigeria.

Sumber : AP
Halaman :
1

Ikuti Kami