Norwegia Bangun Penjara Termewah Di Dunia

Nasional / 6 March 2010

Kalangan Sendiri

Norwegia Bangun Penjara Termewah Di Dunia

Daniel Official Writer
2874

Di Indonesia baru-baru ini sempat dihebohkan oleh penemuan penjara mewah beberapa tahanan kasus korupsi. Tetapi lain halnya dengan Norwegia, negara ini justru membangun penjara yang diklaim sebagai yang termewah di dunia.

Penjara yang dibangun di wilayah Oslo tersebut menghabiskan dana sebesar 160 juta poundsterling atau sekira Rp2,3 triliun. Untuk design saja, pemerintah Norwegia harus mengeluarkan biaya sebesar satu juta poundsterling. Penjara mewah ini menurut rencana akan dilengkapi dengan TV layar datar, studio rekaman pribadi, kamar mandi pribadi, jendela tanpa jeruji besi dan juga tersedia fasilitas panjat tebing.

Penjara mewah ini nantinya akan ditempati oleh 252 narapidana yang berkantong tebal. Dinding penjara tersebut dihiasi dengan gambar-gambar yang indah dan tidak ada jendela yang dibuat dari jeruji sama sekali sebagai gantinya dipasang kaca jendela dengan keamanan tinggi sehingga tidak bisa dipecahkan. Selain itu juga dipasang sistem keamanan yang super ketat. Demikian diungkapkan oleh  Gubernur Arne Hoidal, yang direncanakan akan membuka fasilitas mewah tersebut bulan depan, seperti dikutip ananova.com, Jumat (5/3).

Sumber : okezone.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami