Puluhan Herring Raksasa Tertangkap, Jepang Khawatirkan Gempa Besar

Nasional / 5 March 2010

Kalangan Sendiri

Puluhan Herring Raksasa Tertangkap, Jepang Khawatirkan Gempa Besar

Daniel Official Writer
4264

Masyarakat Jepang yang berteknologi tinggi ternyata juga masih percaya dengan mitos-mitos kuno apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan terjadinya gempa bumi. Beberapa pekan terakhir, puluhan ikan herring raksasa tertangkap jaring nelayan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan segera terjadi gempa besar di Jepang.

Kemunculan ikan herring raksasa tersebut adalah kejadian langka dan menurut cerita tradisional Jepang ini adalah tanda Jepang akan segera dilanda gempa menyusul gempa Chili pada Sabtu (28/2) pekan lalu, gempa Haiti pada 12 Januari lalu, dan gempa di Taiwan selatan Kamis (4/3) pagi kemarin. Namun sebenarnya mitos tersebut didukung oleh teori-teori ilmiah yang menyebutkan bahwa ikan perairan laut dalam sangat sensitif terhadap pergerakan-pergerakan lempengan bumi.

Ikan herring raksasa bisa tumbuh memanjang hingga lima meter dan biasanya ditemukan di kedalaman 1.000 meter di dalam laut. Ikan herring raksasa jarang muncul di kedalaman hanya 200 meter dari permukaan laut. Namun sampai saat ini ada puluhan ekor ikan herring raksasa ditemukan di tepi pantai dan di jaring para nelayan di Perfektur Ishikawa. Sedangkan setengah lusin lainnya tertangkap jaring nelayan Perfektur Toyama. Belasan ekor lainnya tertangkap di Kyoto, Shimane, dan Nagasaki, semuanya terletak di perairan utara.

Apakah benar itu merupakan tanda akan terjadi gempa? Deputi direktur Pusat Gempa Kobe, Hiroshi Tajihi mengatakan, "Zaman dulu, orang Jepang percaya bahwa ikan bisa memperingatkan akan terjadinya gempa, terutama ikan lele. Namun, itu hanya takhayul dan tidak ada hubungan ilmiah antara kemunculan ikan itu dengan gempa." Tetapi masyarakat Jepang haruslah tetap waspada karena hewan terbukti sering memberikan peringatan dini akan datangnya bencana alam.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami