Penemu Teori Big Bang Tinggalkan Cambridge University

Nasional / 4 March 2010

Kalangan Sendiri

Penemu Teori Big Bang Tinggalkan Cambridge University

Budhi Marpaung Official Writer
7204

Ilmuwan terkenal Stephen Hawking menyatakan niatnya untuk meninggalkan kampus dimana ia saat ini mengabdi, yakni Cambridge University dan hijrah ke Kanada. Demikian rilis berita berbagai media Inggris, Rabu (3/3) kemarin.   

Alasan kepergian penemu teori Big Bang tersebut lantaran ia kecewa dengan keputusan dari pemerintah Inggris pimpinan Perdana Menteri Gordon Brown yang mengeluarkan kebijakan melakukan pemotongan anggaran bagi kepentingan sains.

Pria yang telah lama menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) itu menyatakan tidak sepantasnya pemerintah melakukan pemotongan anggaran dana sains karena itu pasti akan menghancurkan dan menghambat berbagai penemuan baru.

Apabila Hawkings benar-benar menjalankan niatnya maka ini akan menjadi kehilangan besar bagi negara yang sempat melahirkan tokoh-tokoh ilmuwan kelas wahid seperti Charles Darwin, James Prescott Joule, dan John Tyndall.

Kalau ada tokoh-tokoh ilmuwan Indonesia yang melakukan seperti Stephen Hawkings, kira-kira apa sikap pemerintah ya? Mempersilahkan mereka pergi atau justru mempertahankannya? Dari fakta yang ada selama ini, orang-orang cerdas di Indonesia tersebut dilepas begitu saja karena memang dana penelitian di Indonesia sangatlah minim. Kalau begini terus kita akan menjadi negara tertinggal, sementara negara-negara lain seperti Singapura dan Malaysia semakin maju dan sejahtera. Semoga ini tidak terjadi.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami