Tidak Ada Siswa Yang Lulus Uji Coba UN!? Kok Bisa?

Nasional / 3 March 2010

Kalangan Sendiri

Tidak Ada Siswa Yang Lulus Uji Coba UN!? Kok Bisa?

Puji Astuti Official Writer
2648

Apakah soal ujian yang terlalu sulit atau siswa-siswi sekolah di SMU 2, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat yang kurang cerdas? Pasalnya tidak satupun siswa yang mengikuti uji coba Ujian Nasional (UN) di sekolah tersebut yang lulus.

"Dari tiga ujian "try out" yang dilakukan ratusan siswa di SMU 2 Mamuju hasilnya sangat mengecewakan karena tidak satu pun siswa yang lulus pada uji coba yang dilakukan terakhir atau tidak ada yang mampu mencapai angka kelulusan siswa sekitar 5,25, " demikian jelas Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Mamuju, Murniani.

Selain di SMU 2 Mamuju, uji coba juga dilakukan di SMU 1 Mamuju yang hasilnya tidak jauh berbeda. Dari ratusan siswa yang mengikuti uji coba UN ini, hanya 10 orang yang berhasil mencara angka kelulusan.

Menjadi pertanyaan yang besar kenapa Depdiknas tetap melaksanakan Ujian Nasional, karena pada akhir tahun lalu Mahkamah Konstitusi sudah mengeluarkan keputusan untuk meniadakannya berdasarkan tuntutan siswa, wali murid, guru dan pemerhati pendidikan. Penggunaan UN sebagai alat evaluasi akhir pendidikan siswa kurang efektif, maka sudah seharusnya pemerintah memikirkan sebuah formula baru dalam hal ini.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami