Semburan Air dan Gas Air Mata Warnai Demo di DPR

Nasional / 2 March 2010

Kalangan Sendiri

Semburan Air dan Gas Air Mata Warnai Demo di DPR

Lois Official Writer
2422

Ketua DPR, Marsuki Alie, menyebabkan kericuhan hari ini karena Marsuki menutup sidang tanpa meminta saran dari wakil ketua DPR, hanya menyatakan hasil yang dicapai untuk kasus Century dan juga memberikan kesempatan pada partai Demokrat untuk menyampaikan partisi / saran yang baru (dimana anggota DPR yang lain tidak diberikan kesempatan, bahkan mic mereka tidak diaktifkan), tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil kemarin malam (1 Maret 2010) yaitu:

  1. Tidak ada pembacaan partisi
  2. Tidak perlu dua hari untuk mengambil keputusan, ditentukan 1 hari

Kericuhan yang terjadi di dalam gedung DPR selama sidang berlangsung, juga terjadi di luar gedung dimana massa demonstran bentrok dengan polisi. Akibat kerusuhan tersebut menyebabkan dua (2) aktivis / massa ditangkap yang berasal dari Gerakan Indonesia Bersih, karena mereka dianggap mengganggu, sedangkan pihak dari Gerakan Indonesia Bersih itu sendiri membela bahwa mereka tidak melakukan tindakan yang anarkis. Mereka justru tidak setuju dengan tindakan polisi yang melakukan aksi kekerasan pada anggota mereka. Dan mereka mengancam akan melakukan tindakan balasan apabila anggota mereka yang ditangkap tidak segera dibebaskan.

Para demonstran ini melakukan tindakan yang cukup dramatis, mereka membakar poster dan mencoba menerobos masuk dengan merusak pagar gedung DPR... banyak massa dalam gerakan-gerakan yang tergabung menjadi satu. Mereka sudah diberi gas air mata sebanyak tiga kali dan ada juga massa yang melemparkan batu kepada polisi.

Sikap yang seharusnya kita ambil adalah jangan mudah terpancing emosi, karena emosi bisa sangat menyesatkan. Orang yang berhikmat adalah orang yang bersabar.

Sumber : Metro TV 2 Maret 2010
Halaman :
1

Ikuti Kami