Perancis, Perokok Disamakan Dengan Pelaku Oral Seks

Nasional / 27 February 2010

Kalangan Sendiri

Perancis, Perokok Disamakan Dengan Pelaku Oral Seks

Puji Astuti Official Writer
3992

Perancis membuat sebuah iklan anti rokok yang kontroversial yang menganalogikan para perokok dengan pelaku oral seks. Slogannya sangat tegas sekali, "Merokok berarti diperbudak oleh tembakau."

Marco de la Fuente, Vice President dari BDDP & Fils, perusahaan pembuat iklan tersebut menyatakan bahwa iklan tersebut dirancang bukan untuk "menyenangkan atau mengejutkan orang, tetapi untuk mengubah, untuk menenpakan berita kembali ke topik yang tidak kita bicarakan, yang mengancam anak-anak muda."

Pemerintah Perancis melarang merokok di kafe, bar dan restoran. Tetapi tetap saja, perokok terus bertambah di kalangan anak-anak muda.

Berdasarkan informasi badan yang menangani pencegahan perokok, dari tahun 2004 hingga 2009, persentase perokok di Perancis yang berumur 14 tahun naik 8 persen dari sebelumnya 4 persen. Diantara mereka yang berumur 16 tahun naik 18 persen dari sebelumnya 14 persen. Dan mereka yang berumur diatas 18 tahun rata-rata perokok aktif.

Masalah rokok memang perlu perhatian dari pemerintah, hal ini juga perlu dilakukan di Indonesia. Saat ini, di jalan-jalan terlihat anak-anak kecil saja sudah mulai merokok. Rokok adalah sesuatu yang mudah didapatkan, bahkan para penjual tidak peduli jika yang membelinya belum cukup umur.

Sumber : Ny Times
Halaman :
1

Ikuti Kami