Sekitar 800 Ilmuwan Indonesia Memilih Bekerja Di Luar Negeri

Nasional / 24 February 2010

Kalangan Sendiri

Sekitar 800 Ilmuwan Indonesia Memilih Bekerja Di Luar Negeri

Daniel Official Writer
3862

Wakil Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4), Dr Arif Satria mengungkapkan ada sekitar 800 ilmuwan Indonesia di luar negeri bahkan 400 diantaranya bekerja di lembaga riset dan penelitian yang cukup bergengsi dan banyak yang menduduki posisi penting. Hal ini disampaikannya di Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu (24/02).

Menurut Arif, meskipun para ilmuwan tersebut berada di intitusi penelitian asing, mereka tetap aset bangsa yang harus bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa. Arif yang juga menjabat sebagai Direktur Riset dan Kajian Strategis Institut Pertanian Bogor (IPB) menegaskan bahwa para ilmuwan ini bukanlah pengkhianat bangsa. Tetapi pemerintah hendaknya bisa memanfaatkan mereka untuk membuka akses bagi ilmuwan lain di Indonesia untuk sekolah ataupun mengadakan riset di luar negeri. Arif mengakui bahwa para ilmuwan tersebut memilih berkarya di luar negeri karena pertimbangan karir yang lebih bagus dan lebih dihargai. "Secara finansial lebih terjamin bagi mereka bekerja di luar negeri," tambahnya.

Untuk menjalin kolaborasi antara ilmuwan di Indonesia dan di luar negeri ini, pada bulan Juli 2009 dibentuk Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) yang bertujuan untuk merangkul ilmuwan bangsa yang berada di seluruh penjuru dunia yang berbasis di Jakarta. Uniknya, kebanyakan pengurusnya berada di luar negeri, bahkan ketua I4 berada di Singapura. Ternyata Indonesia memiliki banyak peneliti berkualitas Internasional, pemerintah harus mulai memperhatikan kesejahteraan mereka sehingga bisa melakukan penelitian di negeri sendiri. Ayo majukan dunia penelitian di Indonesia!

Sumber : antaranews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami