Jepun Bali “Made In Rumania” Memukau Kota Bukares

Nasional / 17 February 2010

Kalangan Sendiri

Jepun Bali “Made In Rumania” Memukau Kota Bukares

Daniel Official Writer
4581

Sembilan anak muda asli Romania telah memukau para pengunjung Opera Studio, Universitas Nasional Musik (UNMB) di Kota Bukares,  dengan keahlian mereka memainkan alat musik tradisional khas Bali. Pertunjukan grup musik yang diberi nama Jepun Bali "Made in Rumania" itu berlangsung Senin malam, 15 Februari 2010.

Kesembilan pemuda itu adalah gabungan antara mahasiswa aktif maupun alumni universitas khusus musik ternama di Rumania. Kepiawaian mereka memainkan musik tradisional Bali tidak lepas dari peran Lucian Zbarcea, seorang alumni UNMB yang pernah belajar di Bali berkat bea siswa dari Pemerintah Indonesia. Lucian juga sekaligus adalah pemimpin grup musik Jepun Bali merupakan lulusan dari program Darmasiswa tahun 2006/2007.

Darmasisiwa adalah program beasiswa yang diberikan setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia bagi mahasiswa asing yang tertarik belajar kebudayaan Indonesia. Karena kecintaannya terhadap kebudayaan Indonesia, Lucian secara swadaya membawa seperangkat gamelan Bali ke Bucharest tahun 2009 yang lalu, dan ia pun mulai mengajarkan para anak muda Romania untuk memainkan instrumen tradisional tersebut. Melihat potensi yang dimiliki, KBRI Bukares menggandeng Lucian serta grup musiknya untuk mempromosikan beasiswa Darmasiswa kepada mahasiswa Romania dalam pagelaran "Darmasiswa Scholarship Evening" pada Senin malam itu.

Tidak hanya penampilan gamelan Bali, para pengunjung yang hadir malam itu juga disuguhi penampilan musik angklung yang membawakan lagu-lagu Indonesia, Barat dan Romania yang mengundang sambutan meriah. Tidak pula ketinggalan suguhan tarian tradisional Indonesia seperti Tari Cenderawasih, Tari Payung dan Tari Pakarena serta Tari Legong yang dibawakan secara apik oleh pelatih tari asal Bali Ni Pradnyani Dewi serta kelompok tari Romania-Indonesia (Romina) yang secara rutin berlatih di KBRI.

Kita patut bangga karena budaya Indonesia dikenal oleh dunia Internasional. Jangan mau kalah dengan anak-anak muda Rumania ini, kita harus terus mencintai dan mengembangan budaya tradisional Indonesia.

Sumber : yahoonews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami