Indonesia Raih Juara Satu Di Braunschweiger Karneval Jerman

Nasional / 16 February 2010

Kalangan Sendiri

Indonesia Raih Juara Satu Di Braunschweiger Karneval Jerman

Daniel Official Writer
3476

Penampilan Reog Ponorogo dalam acara Braunschweiger Karneval di Kota Braunschweigh, Jerman, Minggu (14/2) telah berhasil menarik perhatian masyarakat setempat ketika Indonesia menjadi salah satu peserta karnaval. Kendaraan dari peserta Indonesia dengan nomor urut 259 didekorasi khas Indonesia dengan aneka ornamen, payung, becak dan banner, disertai dengan 30 penari berpakaian adat Indonesia yang menampilkan tarian Reog Ponorogo menjadi tontonan unik bagi para penonton karena mereka belum pernah menyaksikan hal ini sebelumnya. Alhasil, Indonesia berhasil meraih juara pertama dalam karnaval tersebut. Hal ini disampaikan oleh Konsul Pensosbud KJRI Hamburg Yayat Sugiatna.

Meskipun  dalam beberapa bulan terakhir kota Braunschweig diselimuti salju, kemeriahan suasana karnaval sangat terasa. Ribuan orang dengan kostum berwarna-warni memenuhi jalan-jalan kota. Karnaval ini adalah acara tahunan kota Braunschweig. Acara yang menonjol pada perayaan karnaval ini adalah parade aneka busana batik tradisional, maupun kontemporer yang dikenakan peserta dengan keliling kota Braunschweig sepanjang enam kilometer.

Parade karnaval Braunschweig dimulai pukul12.30 dan berakhir pukul 17.30, selama lima jam keliling kota Braunschweig diikuti sekitar 300 grup yang setiap pesertanya menggunakan truk atau mobil bak terbuka yang didekor dengan unik dan kreatif. Stasiun televisi terbesar di Jerman Utara, NDR, menyiarkan acara karnaval Braunschweig secara langsung (live). Mereka sangat antusias meliput penampilan Reog Ponorogo. Berita tentang parade karnaval tersebut juga diliput stasiun TV nasional Sat 1.

Karnaval yang dilaksanakan setiap bulan Februari merupakan pesta rakyat besar di kota-kota di Jerman menyambut masa Pra-Paskah. Karnaval di kota Braunschweig merupakan karnaval terbesar di wilayah kerja KJRI Hamburg dan ketiga terbesar di Jerman. Konjen RI Hamburg, Teuku Darmawan, mengatakan KJRI Hamburg bekerjasama dengan Perhimpunan Indonesia-Jerman (DIG) Niedersachsen turut dalam pesta tradisi tersebut, sekaligus mengisi rangkaian peringatan HUT kerjasama sister city Bandung-Braunschweig yang genap 50 tahun pada tahun ini.

Sumber : antaranews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami