Di India, Pasien Tetap Sadar Saat Jantung Dioperasi

Nasional / 16 February 2010

Kalangan Sendiri

Di India, Pasien Tetap Sadar Saat Jantung Dioperasi

Daniel Official Writer
2974

Pernah membayangkan Anda dioperasi namun Anda masih dalam keadaan cukup sadar. Di India telah dikembangkan metode operasi jantung dengan teknik epidural (bius lokal) dari leher ke bawah dan pasien tidak dalam kondisi tidur. Jadi sementara para dokter melakukan operasi pasien tetap dalam keadaan sadar.

Menurut Dr Vivek Jawali, seorang dokter bedah dari Wockhardt Hospital Bangalore, India, pihaknya telah melakukan operasi dengan metode ini sebanyak 600 kali operasi sejak tahun 1999.

Dr Jawali menjelaskan bahwa, "Ada keuntungan besar untuk membuat operasi jantung menjadi tidak begitu invasif. Ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dibuat sayatan kecil lalu dibantu dengan teknologi modern dan robotik. Kedua, kami mencoba untuk mengganggu sekecil mungkin fungsi alami dari tubuh. Pasien biasanya hanya diberi sedatif (obat penenang) ringan ketimbang dibuat tak sadarkan diri. Metode ini hanya akan menurunkan rata-rata detak jantung tetapi artinya pasien masih dapat merespon perintah dokter."

'Pasiennya mengantuk, oleh sebab itu mereka bisa bangun tapi juga bisa tertidur. Jika kami meminta pasien batuk atau bernafas lebih dalam untuk membersihkan udara dari jantung, mereka dapat meresponnya.  Ini membuat prosedur menjadi lebih mudah dilakukan," tambahnya.

Ia juga mengatakan, prosedur bedah bypass koroner dalam kondisi pasien sadar juga mengurangi perlendiran pada pasien dengan kondisi paru-paru buruk. Selain itu, dapat pembuluh darah tetap lebar dan dan membuat organ menjadi lebih terjaga.

Para pasien biasanya mengaku tidak merasa takut selama menjalani pembedahan. "Kami memberi mereka headphone sehingga dapat mendengarkan musik favoritnya," ujarnya.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami