Maluku Utara Diguncang Gempa 5,6 SR

Nasional / 11 February 2010

Kalangan Sendiri

Maluku Utara Diguncang Gempa 5,6 SR

Lestari99 Official Writer
2646

Maluku Utara diguncang gempa tektonik yang cukup besar, 5,6 skala richter (SR) pada kamis siang sekitar pukul 13.30 WIT. Guncangan yang cukup keras disertai suara gemuruh membuat masyarakat panik dan berlarian keluar rumah karena takut bangunan rumah mereka akan roboh. Tamu-tamu hotel yang sedang beristirahat siang juga tampak panik berlarian keluar kamar karena takut bangunan hotel mereka akan roboh. Sebagian warga belum berani masuk kembali ke rumah takut adanya kemungkinan gempa susulan.

Gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi di 1,00 Lintang Utara, 126,36 Bujur Timur dengan pusat 113 kilometer Barat Laut Ternate, Maluku Utara. Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terpantau dari Bandar Lampung menyebutkan gempa yang berada pada kedalaman 20 kilometer tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa juga berada pada 140 kilometer Tenggara Bitung, Sulawesi Utara; 178 kilometer Tenggara Manado, Sulawesi Utara; 218 kilometer Barat laut Labuha, Maluku Utara; 2.312 kilometer Timur Laut, Jakarta.

Sampai saat ini belum diketahui dampak kerusakan maupun adanya korban jiwa akibat gempa tektonik ini.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami