Gubernur Jatim, Operasi Cangkok Hati Ramadhan Dibayar Pemprov

Nasional / 9 February 2010

Kalangan Sendiri

Gubernur Jatim, Operasi Cangkok Hati Ramadhan Dibayar Pemprov

Puji Astuti Official Writer
2539

Anak yang menderita atresia billier , M. Ramadhan akhirnya mendapat pertolongan dari Pemerintah Provinsi Surabaya. Pemprov Surabaya telah menyatakan kesediaannya untuk membayar biaya cangkok hati sebesar Rp.1.2 milyar. Operasi ini akan dilakukan oleh dokter dari RSUD dr. Soetomo Surabaya, untuk pertama kalinya.

"Fasilitas ini sebagai bentuk dukungan penuh dari kami karena yang dilakukan RSUD dr. Soetomo merupakan tugas kemanusiaan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat," demikian ungkap Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, pada Antara News.

Tim dokter dari RSUD dr. Soetomo yang diketuai oleh dr. Purwadi, Sp.B., Sp.B.A., belajar pencangkokan hati Tianjin First Hospital, China.

Hati yang akan dicangkokkan ke Ramadhan rencananya berasal dai Sulityowati, ibunya. Operasi ini akan menjadi operasi cangkok hati pertama yang dilakukan dokter Indonesia, karena sebelumnya operasi cangkok hati yang dilakukan di Semarang masih ditangani oleh dokter asal Singapura.

Kasus penyakit hati atau liver ini masih terbilang tinggi dan bukan hanya menjangkiti orang dewasa namun juga anak-anak. Dengan terobosan yang dilakukan oleh para dokter dari RSUD dr. Soetomo Surabaya ini memberikan sebuah pengharapan baru akan adanya pengobatan yang terpercaya dan terjangkau untuk penyakit ini di Indonesia. Sebuah doa juga bagi Ramadhan agar operasinya berhasil dan ia bisa bertumbuh menjadi anak yang memberikan dampak bagi generasinya.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami