Film Avatar dan Hurt Locker Rajai Nominasi Oscar

Nasional / 3 February 2010

Kalangan Sendiri

Film Avatar dan Hurt Locker Rajai Nominasi Oscar

Puji Astuti Official Writer
2946

Seperti yang sudah diramalkan, film "Avatar" arahan James Comeron  merajai dalam nominasi penghargaan Oscar. Namun yang tidak biasa, kali ini James Cameron akan bersaing dengan mantan istrinya Katheryn Bigelow untuk memperebutkan penghargaan kategori "sutradara terbaik."

Kathryn Bigelow menyutradari film "Hurt Locker". Film berbiaya rendah dan hanya menghasilkan 16 juta dolar dari penjualan tiket di seluruh dunia ini, bercerita tentang prajurit yang menjinakkan bom di Irak. Masuknya Kathryn sebagai nominator sutradara terbaik pada penganugrahan Oscar ini merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Hanya 3 wanita yang pernah mengalaminya sejak ada penghargaan Oscar ini, diantaranya adalah Sofia Coppola pada tahun 2003 untuk film "Lost in Translation." Dan hingga saat ini, belum ada wanita yang pernah memenangkan penghargaan ini.

Film "Avatar" dan "Hurt Locker" sama-sama meraih sembilan nominasi dalam ajang penghargaan Oscar ini.

Mereka yang juga membuat sejarah dalam Oscar kali ini adalah Meryl Streep dalam film "Julie & Julia" yang dinominasikan untuk 16 kategori Oscar. Meryl mengalahkan Katherine Hepburn yang pernah di nominasikan untuk 12 Oscar.

Sama seperti pada Golden Globe lalu, untuk kategori film animasi terbaik, muncul film animasi Disney yang berjudul "Up" yang bercerita tentang petualangan kehidupan seorang pria tua.

Penganugrahan Piala Oscar 2010 ini rencananya akan dilaksanakan pada 7 Maret, di Kodak Theatre Hollywood.

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami