Yang Paling Dibutuhkan Anak Dari Ayah Mereka

Parenting / 28 January 2010

Kalangan Sendiri

Yang Paling Dibutuhkan Anak Dari Ayah Mereka

Lestari99 Official Writer
3296

Anda pasti pernah melihat mug dan T'shirt yang bertuliskan "Greatest Dad Ever" atau "#1 Dad". Seorang ayah pasti suka jika mendapatkannya dari salah seorang anaknya. Bagaimanapun Allah telah memberikan tanggung jawab besar dalam merawat anak-anak Anda. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja dan Anda akan kembali merindukan panggilan ‘Papa' kepada Anda. Anda mewakili Tuhan bagi anak-anak Anda. Bagaimana cara mereka melihat Bapa Surgawi seringkali didasarkan pada pengalaman mereka dengan satu-satunya ayah mereka di dunia - Anda!

Jika Anda sedang mengajar anak-anak Anda, tunjukkan kepada mereka jalan kepada Allah. Itu adalah tugas Anda sebagai orangtua untuk memimpin mereka ke dalam terang Tuhan.

Apa Yang Anak Anda Butuhkan Dari Anda

\"\"Hati yang bertobat. Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Jangan kuatir jika Anda ternyata mengacaukan segalanya, karena hal itu akan terjadi. Terimalah kenyataan itu. Apa yang Anda perlukan sebagai seorang ayah adalah belajar bagaimana untuk bertobat. Jadilah seperti Raja Daud, selalu cepat untuk meminta pengampunan.

Ketika Anda telah membentak anak-anak Anda atau kehilangan kesempatan untuk berada di samping mereka ketika mereka membutuhkan kehadiran Anda, ucapkanlah permohonan maaf. Hal itu merupakan sebuah tindakan yang benar. Kalimat sederhana ini tidak hanya bermanfaat bagi anak Anda tapi bagi Anda juga. Perlakukan anak-anak Anda dengan penuh respek sehingga tindakan Anda akan benar-benar mempengaruhi hidup mereka. Mereka meneladani Anda. Anda adalah pemimpin mereka. Jadi berhati-hatilah untuk tidak meremehkan pengaruh Anda dalam kehidupan mereka.

Jadilah pengaruh yang benar dalam hidup mereka dengan menjadi rendah hati dan transparan dengan Allah. Saya berharap dapat membalas ayah saya atas pelajaran-pelajaran yang diajarkannya kepada saya. Yang paling mengubah hidup saya adalah hatinya yang hancur di hadapan Tuhan. Momen-momen ketika saya melihatnya tenggelam dalam penyembahan dan doa di hadapan Tuhan dapat membuat saya mengeluarkan air mata sampai saat ini.

\"\"Waktu dan perhatian Anda. Lihatlah sejenak pada jadwal harian Anda. Apakah Anda menghabiskan waktu dengan kualitas yang nyata terhadap anak-anak Anda satu per satu? Jika Anda mengatakan tidak, maka mulailah untuk melakukannya. Seperti yang diucapkan oleh ibu saya, "buatlah sebuah kenangan". Anak-anak Anda akan mengingat ketika Anda menyisihkan waktu hanya untuk menghabiskannya bersama dengan mereka.

Spesial momen yang saya ingat sebagian besar berasal dari masa kanak-kanak saya. Dua puluh tahun kemudian saya masih tersenyum saat mengingat saat-saat bersama dengan ayahku.

Berikan perhatian penuh kepada anak-anak Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda benar-benar tertarik pada apa yang sedang terjadi dalam hidup mereka dan apa yang hendak mereka katakan. Mereka tidak akan pernah melupakan ketika Anda menunjukkan respek Anda terhadap mereka. Dengan menghargai mereka melalui cara ini, Anda juga akan membangun kepercayaan diri mereka. Bagaimana mereka dapat menghargai diri mereka sendiri jika mereka tidak pernah merasa dihargai? Itu adalah tugas Anda untuk berada di sana dan menunjukkan bahwa mereka berharga.

\"\"Persetujuan dan cinta. Tidak masalah bagaimana latar belakang Anda dahulu, tujuan utama Anda adalah menunjukkan kepada anak-anak Anda betapa Anda sangat mengasihi mereka. Tidak cukup hanya dengan membuat mereka tahu bahwa Anda mengasihi mereka. Katakan kepada mereka. Tunjukkan itu kepada mereka. Ekspresikan kedalaman cinta Anda kepada mereka. Peluklah anak Anda. Biarkan mereka memeluk Anda. Saya senang melompat ke dalam pelukan ayah dan memeluknya dengan hangat ketika ia pulang dari kerja. Hal itu tentu saja tidak akan terjadi jika saya tidak tahu apakah ia ingin saya mendekat padanya atau tidak. Setiap malam ayah memberikan ciuman di dahi saya. Bahkan sampai hari ini, ayah akan memeluk dan menciumku ketika ia hendak berpisah dariku.

Menulis surat cinta untuk anak Anda. Bertahun-tahun setelah anak-anak Anda meninggalkan rumah dan memulai hidup mereka sendiri, mereka akan menganggap surat-surat Anda adalah harta karun yang tak ternilai harganya. Ambillah beberapa lembar kertas dan tuliskanlah doa, kata-kata yang menguatkan dalam sebuah surat cinta untuk anak Anda.

Luangkan waktu untuk menjadi seorang ayah yang lebih baik. Ijinkan Tuhan, Bapa yang sempurna, menunjukkan kepada Anda bagaimana membesarkan anak-anak Anda. Tuhan tahu persis apa yang anak-anak Anda butuhkan. Dan Anda adalah ayah terbaik bagi tugas ini. Bagaimanapun, Tuhan telah memilih Anda menjadi ayah bagi mereka. Ingatlah selalu untuk datang di hadirat-Nya meminta arahan dan Anda akan menjadi seorang ayah yang hebat.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami