Demi Kurangi Korupsi, DPR Setujui Gaji Pejabat Naik

Nasional / 28 January 2010

Kalangan Sendiri

Demi Kurangi Korupsi, DPR Setujui Gaji Pejabat Naik

Budhi Marpaung Official Writer
2666

Komisi XI DPR RI secara resmi menyatakan telah menyetujui menaikkan gaji presiden beserta para pejabat negara maksimal sebesar 20%. Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qosasi via telepon seperti yang dilansir detik.com, Kamis (28/1).

Dalam keterangannya, alasan mengapa lembaga legislatif memuluskan keinginan permintaan pemerintah untuk menaikkan anggaran para pelaksana pemerintahan adalah demi mengurangi korupsi. Ditambahkannya lagi, kenaikkan gaji tidak akan berlaku bagi mereka yang memiliki posisi di bawah menteri.

Bila tidak ada halangan, pemberlakuan kenaikkan gaji akan dilakukan pada Maret 2010. Depkeu dan pihak pemerintah belum berkomentar tentang kenaikan gaji ini.

Sebagai informasi, saat ini gaji para menteri beserta para pejabat setara sekitar Rp. 18 Juta, Presiden Rp 62 Juta, dan Wakil Presiden Rp 42 Juta .

Memang gaji para pelaksana pemerintahan di Indonesia lebih kecil dibandingkan para pemimpin perusahaan swasta, tetapi melihat kondisi ekonomi yang ada di masyarakat saat ini sepertinya menaikkan gaji bukanlah sesuatu yang harus dilakukan. Namun, apa boleh buat keputusan sudah dikeluarkan, masyarakat hanya bisa menurut saja dan melihat dari jauh apakah harapan dari para anggota dewan bahwa korupsi oleh pejabat negara akan menurun benar-benar terjadi.  

Sumber : detik.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami