Hadapi Penyakit Jantung Dengan 7 Cara Ini

Solusi Sehat / 28 January 2010

Kalangan Sendiri

Hadapi Penyakit Jantung Dengan 7 Cara Ini

Budhi Marpaung Official Writer
4281

Diantara banyak penyakit yang sangat ditakuti oleh manusia, penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya karena telah menjadi pembunuh terbesar bagi manusia. Berbagai riset yang dikeluarkan selama ini oleh peneliti baik dari dalam maupun luar negeri, jantung dan stroke adalah pembunuh nomor satu di dunia.

Belum ada satu pun obat yang dapat mengobati penyakit yang menyerang organ vital manusia tersebut. Khusus bagi mereka yang berusia diatas 50-an, penyakit jantung adalah sesuatu yang sangat dikuatirkan. Pola hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama mengapa orang bisa menderita penyakit ini.

Untuk mengalahkan penyakit berbahaya ini, sebuah organisasi kesehatan luar negeri, Asosiasi Ahli Jantung Amerika Serikat mengeluarkan tujuh faktor yang bisa Anda praktikkan dalam kehidupan Anda. inilah ketujuh faktor itu:

  1. Tidak pernah merokok atau sudah berhenti merokok lebih dari setahun.
  2. Indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 25. IMT dihitung dengan berat badan (dalam kg) dibagi tinggi badan (dalam m). Jadi, seseorang yang berat badannya 62 kg dan tinggi 170 cm, IMT-nya 62/1,70 x 1,70 = 21,4. IMT di atas 25 bisa dikategorikan obesitas.
  3. Berolahraga sedikitnya 150 menit setiap minggu atau 75 menit untuk jenis olahraga yang lebih berat.
  4. Mengonsumsi minimal empat jenis makanan sehat yang direkomendasikan (ikan, sayur, buah, cukup air, mengurangi garam, dan sebagainya). Konsumsi pula sayur dan buah yang kaya antioksidan.
  5. Total kolesterol tidak lebih dari 200.
  6. Menjaga tekanan darah yang normal (120/80).
  7. Kadar glukosa puasa kurang dari 100.

Bila Anda bingung dengan angka-angka diatas sangat disarankan untuk menanyakannya kepada dokter apa maksudnya atau orang-orang yang bergerak medis. Apa yang Anda lakukan hari ini dengan menjaga kesehatan jantung akan sangat mempengaruhi panjang pendeknya kehidupan Anda ke depannya.

Sumber : kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami