Tips Jitu Belanja Sambil Menabung

Investment / 27 January 2010

Kalangan Sendiri

Tips Jitu Belanja Sambil Menabung

Budhi Marpaung Official Writer
3804

Bagi Anda yang suka belanja, tetapi memiliki masalah dengan keuangan maka tips ini sangatlah tepat untuk dibaca. Ikuti setiap langkah-langkahnya dan nikmati keuntungan yang Anda dapatkan.

1. Penggunaan Kartu Kredit. Sudah banyak penulis yang mengajarkan bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak di dalam situs pribadinya atau pun buku. Bacalah dan mulai terapkan hal itu dalam kehidupan sehari-hari.

2.  Catatan kecil. Bagi orang yang terbiasa untuk mengeluarkan uang dengan sangat mudah maka buku catatan kecil disertai satu alat tulis adalah pilihan yang tepat untuk dimiliki. Selain fleksibel, kegunaannya pun sangatlah besar. Salah satunya adalah mencatat hal-hal detail dari setiap uang yang Anda keluarkan.

3. Budget Bulanan. Tidak yang dapat membantah penganggaran adalah suatu tindakan yang harus dilakukan oleh setiap orang baik yang masih single maupun berkeluarga. Dengan adanya budget maka Anda akan mengetahui berapa uang yang harus dikeluarkan dari masing0-masing kebutuhan setiap bulannya.

4. Belanja. Sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit pada saat berbelanja. Bawalah uang tunai sesuai dengan yang dianggarkan, tidak kurang dan tidak lebih. Hal ini akan sangat membantu mengerem keinginan Anda ketika Anda sudah berada di tempat perbelanjaan.

5. Kebiasaan Baru. Siapa bilang berbelanja tidak bisa digabungkan dengan menabung pada saat yang sama. Bisa kok, misalkan seperti ini: Anda pergi ke toko baju untuk membeli pakaian tertentu, saat ukuran atau warna yang Anda tidak ditemukan maka sebenarnya disana Anda bisa langsung simpan 50% uang yang tidak jadi Anda keluarkan tersebut di salah satu kantung dalam tas. Hal inilah yang bisa Anda jadikan kebiasaan baru.

6. Mengurangi Porsi. Bila Anda penggila suatu produk makanan atau minuman, Anda bisa menyiasati penyimpanan uang dengan cara mengurangi pesanan makanan atau minuman dari yang biasanya. Misalkan Anda memakan 3 makanan kecil dan 3 gelas kopi pada waktu sebelum-sebelumnya, sekarang ini Anda tinggal mengurangi saja menjadi 1 makanan kecil dan 1 gelas kopi.

7. Tempat Penyimpanan Uang. Langkah ini mungkin tidak populer, tetapi layak Anda coba. Usahakan setiap Anda sebelum tidur, keluarkan uang yang ada di dalam tas atau dompet Anda dan letakkan ke tempat yang Anda sendiri sulit menggapainya.

8.  Memotong Gaji. Biasakan memasukkan uang dalam jumlah tertentu, setiap hari, ke dalam amplop. Simpan dalam laci. Amplop ini dapat Anda buka sekitar 5 hari sebelum gajian. Biasanya hari-hari tersebut adalah hari-hari kritis bagi para karyawan di kantor.

9. Masukkan ke Bank. Walaupun hari-hari ini bank di Indonesia sedang menjadi sorotan akibat ATM yang dapat dibobol oleh pelaku kejahatan bukan berarti Anda langsung tidak mau  menyimpan disana. Yang perlu ditingkatkan adalah kewaspadaan Anda ketika menggunakan bank. Terkait dengan apa yang dibahas kali ini maka begitu hari gajian, segeralah keluarkan uang yang telah Anda simpan dalam kotak/laci itu, lalu tambahkan 5% dari penghasilan yang Anda dapat bulan tersebut  dan segeralah masukkan ke bank.

10. Tabungan Berjangka. Tabungan jenis ini menawarkan Anda untuk menabung setiap bulan dengan jumlah tertentu. Seperti yang diketahui bersama, bahwa pengambilan uang hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah ditetapkan oleh bank dan tentu disetujui terlebih dahulu oleh Anda. Apabila gaji Anda dibayar melalui sistem ditransfer bank maka gunakan layanan autodebet pada gaji Anda tersebut, sehingga setiap bulan gaji Anda akan dipotong otomatis untuk dimasukkan ke dalam rekening khusus tabungan Anda. Dengan tabungan berjangka dan autodebet, Anda akan dipaksa menabung tanpa bisa berkelit.

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami