Tips Membakar Lebih Banyak Lemak Saat Berolahraga

Fit & Charming / 25 January 2010

Kalangan Sendiri

Tips Membakar Lebih Banyak Lemak Saat Berolahraga

Lestari99 Official Writer
4420

Jika Anda terjebak pada berat badan yang sama tak peduli berapa banyak latihan yang telah Anda lakukan, cobalah tebak. Anda tidak sendirian. Bagaimanapun, Anda harus melihat pada pola olahraga rutin yang Anda lakukan. Anda mungkin telah terjebak pada kebiasaan berolahraga sama halnya dengan berat badan Anda yang tak kunjung berkurang. Sudah waktunya bagi Anda untuk melakukan sesuatu dan kembali membakar lemak-lemak berlebih dari tubuh Anda.

Itu kuncinya, semakin banyak Anda membakar lemak, semakin banyak berat badan Anda akan berkurang. Percaya atau tidak, semakin banyak energi yang akan Anda miliki setelahnya.

Jika Anda benar-benar menyukai latihan rutin Anda dan itu terbukti dapat menjaga berat badan Anda saat ini, teruslah untuk melakukan hal itu. Tetapi tambahkan suatu interval latihan ke dalamnya untuk membakar lebih banyak lemak. Di samping itu, Anda bisa mendapatkan latihan yang sama hanya dengan separuh waktu. Ya, Anda dapat memotong 90 menit latihan Anda menjadi 45 menit dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Hal pertama, tetaplah lakukan peregangan seperti yang biasa Anda lakukan. Hal itu sangat penting karena Anda perlu memastikan bahwa otot Anda siap untuk melakukan latihan yang intens. Anda harus mulai menggabungkan intensitas tinggi dan intensitas normal dari olahraga yang Anda lakukan sehingga secara sukses berhasil membebani sistem aerobik dan juga anaerobik pada tubuh Anda di saat yang bersamaan. Mulailah dengan rutinitas normal Anda, lalu lakukan gerakan yang lebih intens selama beberapa menit. Katakanlah jika Anda menggunakan treadmill dalam latihan Anda, berjalanlah normal seperti yang biasa Anda lakukan lalu beralihlah ke jogging atau sprint selama beberapa menit. Dengan melakukan hal ini jantung Anda akan berdetak lebih cepat. Anda dapat memantaunya dengan menggunakan monitor jantung atau dengan menghitung denyut nadi Anda lalu mengalikannya dengan empat. Jika hasilnya sama, berarti Anda telah berhasil melakukannya dengan baik.

Dengan melakukan hal ini, Anda benar-benar menjaga tubuh Anda dari pergantian oksigen dan karbondioksida sebanyak biasanya. Inilah yang membuat otot-otot Anda ‘terbakar' dan menghilangkan asam laktat, yang merupakan kandungan beracun bagi tubuh. Jika Anda merasa otot Anda mulai lelah, kurangi intensitas latihan Anda ke level yang masih dapat membuat denyut nadi Anda lebih cepat dari normal sehingga tidak akan kehilangan semua manfaat dari latihan aerobik baik yang Anda lakukan. Ulangi proses penggabungan ini paling tidak selama 30 menit. Pastikan juga ketika Anda memulai latihan interval Anda, Anda tidak melakukannya secara mendadak. Lakukan secara bertahap, atau kaki Anda akan tergelincir di treadmill dan mendapatkan cedera.

Pelatihan interval ini sangat baik untuk mendapatkan kedua sistem tubuh Anda bergerak secara bersamaan. Latihan ini akan membantu tubuh Anda untuk membakar kalori, lalu kemudian lemak karena Anda akan memetabolisme lemak lebih cepat dan meningkatkan massa otot. Anda juga dapat menggunakan berbagai macam mesin kardiovaskular untuk latihan interval yang baik. Anda bahkan bisa melakukan latihan interval dengan berenang, lompat tali... kemungkinan bentuk olahraga lainnya tidak terbatas. Mulailah dengan melakukan satu sesi latihan interval berselang seminggu dan secara perlahan persering latihan tersebut. Dan dalam waktu singkat Anda akan melihat hasilnya secara fisik bagaimana latihan tersebut membakar lebih banyak lemak.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami