Inilah Cara Baru PDKT AS ke Masyarakat Irak

Nasional / 22 January 2010

Kalangan Sendiri

Inilah Cara Baru PDKT AS ke Masyarakat Irak

Budhi Marpaung Official Writer
2086

Demi mendapatkan perhatian dari masyarakat Irak, Kedutaaan Besar Amerika Serikat di Baghdad menggunakan situs jejaring sosial facebook sebagai salah satu media diplomasi. Cara ini merupakan cara yang benar-benar baru dan belum dilakukan sebelumnya.

Duta Besar AS untuk Irak, Christopher Hill mengungkapkan bahwa tujuan mereka membuat akun facebook adalah karena ingin mengambil hati masyarakat di negara tersebut (Irak, red). Bila ini dapat terjadi maka menurut Hill proses diplomasi akan menjadi lebih mudah.

Salah satu postingan yang telah dilakukan pihak Kedubes AS di akun FB-nya adalah adanya video berdurasi 73 detik yang berisi ajakan Christopher Hill kepada masyarakat yang sempat dipimpin oleh Saddam Hussein agar mereka bersedia mengikuti berita kedutaan dan belajar lebih banyak tentang budaya Amerika dan masyarakatnya.

Sampai berita ini diturunkan, keberhasilan mengenai penggunaan facebook ini untuk meraih simpati masyarakat Irak masih belum dapat dikatakan berhasil. Sepertinya perlu waktu yang lebih lama agar tujuan dari Kedubes AS di Irak dapat tercapai.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami