WNI Akan Lakukan Pelayaran Solo Dari California Ke Bali

WNI Akan Lakukan Pelayaran Solo Dari California Ke Bali

Daniel Official Writer
2210

Tidak lama lagi, Rob "Rama" Rambini (51), pria warga negara Indonesia ini akan melakukan pelayaran solo dari Amerika ke Indonesia. Ini akan menjadi perjalanan yang bersejarah dalam hidupnya. Pria yang berprofesi sebagai fotografer profesional ini, kemungkinan akan menjadi orang Indonesia pertama yang melakukan pelayaran seorang diri dari California menuju Bali. Jika dia berhasil mencapai Bali, itu akan menjadi saat pertamanya menginjakkan kaki kembali di Indonesia setelah 26 tahun terakhir dia tinggal di San Fransisko.

Rama, pria kelahiran Roma, Italia, dari pasangan Sartono Wondowisastro dan Trisutji Kamal, akan menggunakan perahu layar miliknya yang berjenis Jensen Marine Cal 30 dan dinamai "SV Kona", akan meninggalkan perairan San Francisco Bay Area untuk mulai pelayarannya menuju Bali. Rute yang akan ditempuh adalah San Francisco-Tahiti-Cook Islands-Fiji-Bali. Seharusnya pelayaran ini akan dilakukan akhir tahun laku namun tertunda karena kendala cuaca.

Rama melakukan pelayaran solo ini tanpa didampingi siapapun dan tidak ada pihak khusus yang akan memantaunya perkembangan perjalanannya. Namun setiap orang yang ingin tahu atau membantu menjadi sponsor bisa mengikuti melalui Facebook nya dengan nama ‘California to Bali Solo Voyage' atau melalui blognya. Dia juga bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sendiri. Perjalanan yang mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan ini sudah diantisipasi dengan menyediakan persediaan makanan kaleng yang mencukupi sehingga dia yakin tidak akan mengalami kekurangan makanan dan lagi lautan juga menyediakan ikan yang bisa dia konsumsi.

Menurut Rama, kekurangan makanan bukanlah masalah utamanya. "Selain tiang patah karena cuaca buruk atau ketabrak kapal barang, saya rasa tantangan utamanya adalah kemungkinan diserang atau bertabrakan dengan makhluk lautan seperti ikan hiu," ungkapnya Rama. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dia berusaha meminimalkan terjadinya insiden apapun pada saat berlayar. Saat ini dia sedang melakukan persiapan baik fisik maupun mental untuk pelayaran yang membutuhkan waktu delapan bulan tersebut. Kita doakan supaya Rama berhasil mencapai Indonesia dengan selamat.

Sumber : kompas.com

Ikuti Kami