Gerhana Matahari Terlihat dari Jakarta Pukul 15.30

Nasional / 15 January 2010

Kalangan Sendiri

Gerhana Matahari Terlihat dari Jakarta Pukul 15.30

Daniel Official Writer
2901

Akhirnya gerhana matahari dapat terlihat dari Jakarta pada pukul 15.30-16.00. Meskipun dari pagi hari cuaca di Jakarta kurang bersahabat. Sejumlah orang telah menunggu peristiwa yang langka ini. Gerhana matahari ini adalah gerhana matahari terlama pada abad ini dan baru akan terjadi lagi pada 1.033 tahun kemudian, yaitu tepatnya pada tahun 3043.

Seperti sudah diperkirakan sebelumnya bahwa Jakarta dan sekitarnya hanya akan melihat sebagian saja kira-kira hanya 11 persen bagian gelap yang terlihat karena lintasan gerhana matahari cincin ini melewati daerah Asia Selatan, seperti Sri Lanka serta India, dan tidak melalui wilayah Indonesia.

Dilihat dengan kacamata filter, tampak piringan Matahari sedikit terpotong di bagian kanan bawah. Bidang yang seharusnya bulat penuh terlihat terpotong oleh garis. Gerhana ini berlangsung selama 11 menit merupakan gerhana terlama millenium ini yang catatan waktunya hanya dikalahkan peristiwa tahun 1992 yaitu 11 menit 41 detik.

Untuk melihat peristiwa ini, sejumlah orang sudah menyiapkan kacamata filter atau membuat alat sederhana dari kertas karton seukuran kartu nama yang diberi lobang kecil di tengah dan diberi filter. Karena sangat berbahaya jika dilihat dengan mata telanjang.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami