Mitos Dan Fakta Tentang Uang Dan Wanita

Investment / 15 January 2010

Kalangan Sendiri

Mitos Dan Fakta Tentang Uang Dan Wanita

Lestari99 Official Writer
2956

Saat ini memang tidak ada lagi jurang pemisah antara penghasilan pria dan wanita. Tapi untuk urusan uang, tetap saja ada ‘genderalisasi' di sana. Berikut ini kebenaran di balik semua itu:

Mitos: Pria lebih peduli terhadap uang bila dibandingkan dengan wanita.

Fakta: Wanita sebenarnya memiliki kepedulian yang sama kepada uang, hanya saja mereka mengekspresikannya secara berbeda. Wanita dikendalikan oleh rasa aman, sedangkan pria dikendalikan oleh kompetisi dan cenderung menjadi ekstrovert ketika menyangkut soal uang. Wanita menganggap semakin tinggi tujuan yang ingin dicapai dengan uang dan selama hal itu mampu untuk dicapai, maka mereka akan merasa nyaman.

Mitos: Wanita tidak jago dengan angka dan tidak baik jika mengelola keuangan.

Fakta: Beberapa wanita menganggap bahwa untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, maka mereka harus menjadi ahli dalam bidang keuangan. Padahal mengatur keuangan tidak memerlukan kemampuan matematika yang tinggi, mengatur keuangan hanya membutuhkan akal sehat. Wanita cenderung lebih disiplin dalam mengikuti peraturan dan sistem dan hal itu membuat mereka lebih mampu menagani masalah keuangan dan berpaku pada budget.

Mitos: Suami atau istri yang memiliki penghasilan lebih banyak adalah pihak yang membuat keputusan keuangan.

Fakta: Meski di situasi pembelian suami lebih banyak bertindak dan bicara, biasanya pada akhirnya ia akan meminta persetujuan dari istrinya. Wanita mayoritas membuat keputusan dalam pembelian rumah tangga, dan oleh karena itu wanita harus memiliki peran aktif dalam manajemen keuangan.

Bagaimana pun dalam pengaturan keuangan sebagai suami istri, wanita dan pria harus memiliki kerjasama dan komunikasi yang baik untuk menghindari masalah keluarga yang tidak perlu hanya karena berselisih masalah uang. Baik pria maupun wanita memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jika menyangkut masalah uang. Dan sudah sepantasnya jika mereka saling melengkapi dalam hal itu.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami