Rutan Bareskrim Salemba dipasangi CCTV Untuk Awasi Petugas

Nasional / 14 January 2010

Kalangan Sendiri

Rutan Bareskrim Salemba dipasangi CCTV Untuk Awasi Petugas

Daniel Official Writer
2886

Untuk mencegah praktek penyogokan kepada petugas rutan, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Ito Sumardi mengatakan pihaknya memasang 12 unit kamera tersembunyi atau closed circuit television (CCTV). Kamera tersebut yang akan bekerja 24 jam untuk memantau aktifitas petugas maupun penghuni rumah tahanan (Rutan) Bareskrim. Hal ini dikatakan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis(14/1).

Kamera tersembunyi itu bertujuan juga agar anggota penjaga rutan cabang Selemba Jakarta Pusat tidak melakukan praktek penyogokan dengan penghuni tahanan seperti yang selama ini sering terjadi. Selain itu juga dimasang 24 CCTV lainnya yang tersebar di setiap ruangan direktur, penyidik dan ruang tunggu tamu Bareskrim yang setiap bulan dievaluasi oleh pengawas penyidik.

Ito menilai bahwa fasilitas tahanan Bareskrim sudah sesuai dengan standar internasional yaitu memiliki ruang hiburan dengan fasilitas televisi, tempat ibadah, kasur, alat pendingin ruangan, kamar mandi, ruang makan. Selain itu, pihaknya tidak mengizinkan penghuni membawa laptop, telepon selular atau kulkas ke ruang tahanan.

Sangat menyedihkan, petugas rutan yang seharusnya mengawasi penghuni rutan sekarang justru harus diawasi oleh kamera CCTV.

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami