Satu Juta Biji Trembesi Dari Presiden SBY

Nasional / 14 January 2010

Kalangan Sendiri

Satu Juta Biji Trembesi Dari Presiden SBY

Daniel Official Writer
2809

Untuk memenuhi komitmen Indonesia pada KTT Perubahan Iklim di Kopenhagen, Denmark, hari Rabu kemarin (13/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membagikan satu juta biji pohon Trembesi kepada setiap gubernur untuk disemaikan dan dikembangkan di daerah masing-masing.

Dalam acara penyerahan biji pohon trembesi di Istana Merdeka tersebut, presiden menekankan bahwa penanaman pohon tersebut adalah untuk kebaikan Indonesia yang akan diwariskan kepada generasi di masa yang akan datang. Pohon trembesi dipilih karena pohon ini sangat efektif mampu menyerap CO2 hingga 28 ton per tahun. Sehingga Indonesia diharapkan akan mampu mengurangi 26 persen dari emisi karbon pada tahun 2020.

Di Indonesia, pohon trembesi dengan nama latin "Samanea saman" dikenal dengan berbagai nama seperti di Jawa Tengah dikenal dengan nama" Munggur", di Sulawesi Selatan "Kayu Colok", di Jawa Barat "Ki Hujan". Kayunya biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur, kerajinan seperti gitar dan kerajinan ukir serta patung kayu.

Acara penyerahan bibit Trembesi dilakukan secara simbolis di Istana Merdeka, yang juga dihadiri oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Djoko Santoso, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Sumber : okezone.com
Halaman :
1

Ikuti Kami