Kalapas Kerobokan Anggap Biasa Napi Kasih Uang ke Sipir

Nasional / 13 January 2010

Kalangan Sendiri

Kalapas Kerobokan Anggap Biasa Napi Kasih Uang ke Sipir

Budhi Marpaung Official Writer
2707

Lembaga pemasyarakatan di Indonesia beberapa hari ini menjadi sorotan media tidak habis-habisnya, lebih tepatnya saat inspeksi mendadak yang dilakukan beberapa anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum ke rumah tahanan Pondok Bambu, Minggu 10 Januari 2010.

Namun, sebuah pernyataan yang cukup mengagetkan keluar dari Kepala Lapas Kerobokan, Denpasar, Siswanto pada saat diwawancarai via telepon oleh seorang wartawan sebuah media online Rabu 13 Januari 2010.

Menurutnya, pemberian uang dari napi ataupun keluarga bersangkutan kepada sipir tidaklah menjadi persoalan karena itu dilakukan atas inisiatif napi atau pun keluarga itu sendiri. Jadi, itu tidak dapat dikategorikan sebagai pungutan liar.

Siswanto dalam kesempatan yang sama juga mendorong siapa pun yang memiliki informasi dan bukti bahwa ada oknum sipir yang melakukan pungli untuk melaporkan kepadanya.

Bisa saja nih Bapak Kalapas yang satu ini, yang menjadi korban punglinya sudah mengaku di media, tetapi tetap berkata bahwa lapasnya bersih dari praktik-praktik kotor tersebut. Menjadi pertanyaan, kira-kira ada berapa orang yang memiliki mental seperti ini ya?

Sumber : detik.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami