4 Tips Untuk Menjaga Emosi Diluar Investasi

Investment / 12 January 2010

Kalangan Sendiri

4 Tips Untuk Menjaga Emosi Diluar Investasi

Tammy Official Writer
2915
Menjaga agar emosi-emosi Anda dan berinvestasi tetap terpisah tampaknya nyaris mustahil bagi banyak investor, bagaimanapun menjaga emosi-emosi diri Anda terpisah dari investasi adalah hal krusial untuk investasi yang sukses. Untuk melakukannya tidaklah mustahil jika Anda mengikuti empat tips berikut mengenai bagaimana menjaga emosi Anda dan kegiatan investasi Anda secara terpisah.

1. Lakukanlah riset Anda sendiri dan mengerti bagaimana Anda berinvestasi di dalamnya
Mengetahui apa yang Anda beli adalah kunci untuk menghindari kemunduran emosional dalam berinvestasi. Selalu lakukan riset Anda sendiri sebelum membeli sebuah sekuritas, bahkan jika Anda memiliki penasihat keuangan. Mengertilah investasi apa itu sebenarnya, bagaimana itu akan menolong Anda mencapai gol Anda dan apa saja resiko-resikonya. Tanpa riset Anda sendiri, Anda tidak akan mengambil tanggung-jawab penuh untuk bisnis Anda, termasuk emosi-emosi negatif.

2. Buatlah gol keuangan
Membuat gol-gol keuangan adalah langkah pertama untuk berinvestasi, gol-gol keuangan bisa menjaga emosi keluar dari gambaran pencapaian tujuan jika ditangani dengan baik. Memiliki gol-gol keuangan akan menolong Anda menjaga mata tetap pada gambaran besar, contohnya jika Anda menabung untuk masa pensiun dalam 20 tahun Anda tahu bahwa Anda memiliki banyak waktu menghindari kerugian.

Portfolio Check3. Berhentilah men-cek portfolio investasi Anda terus-menerus
Anda mungkin saja memiliki dorongan untuk memeriksa investasi-investasi Anda setiap hari, bahkan hampir setiap jam, STOP! Berhentilah memeriksanya secara terus-menerus, itu tidak akan menguntungkan portfolio Anda biar bagaimanapun, bahkan mungkin saja malah menambah kecemasan ke dalam hidup Anda. Men-cek itu semua terlalu sering dapat menyebabkan kepanikan dalam diri Anda dan Anda bisa membuat sebuah reaksi perdagangan secara mendadak. Bertahanlah pada rencana Anda dan abaikan kegerakannya setiap harinya.

4. Kembangkan sebuah statement kebijakan investasi Anda
Sebuah Investment Policy Statement (IPS) adalah panduan Anda untuk berinvestasi, itu akan menolong Anda melalui masa-masa sulit dan akan menjaga Anda tetap berfokus pada gol-gol Anda. Dalam sebuah IPS Anda akan memiliki strategi-strategi investasi yang penuh dengan detail, termasuk strategi-strategi membeli dan menjual. Selama Anda tetap berpaut pada IPS Anda, itu akan menjaga emosi Anda tetap pada jalurnya sehingga tidaklah sulit.

Uang itu selalu sebuah subyek yang emosional, tetapi terkadang ketika emosi-emosi kita terlibat dengan investasi-investasi kita, kita akan membuat keputusan-keputusan yang salah dimana akan membuat ‘membayar' lagi lebih banyak. Menjaga emosi-emosi keluar dari investasi akan terlihat sulit tetapi jika Anda mengikuti tips-tips di atas Anda seharusnya bisa menyelesaikannya.

Sumber : financialhighway.com
Halaman :
1

Ikuti Kami