Gempa 5,4 SR Guncang Jawa Barat, Cilacap dan Gorontalo

Nasional / 10 January 2010

Kalangan Sendiri

Gempa 5,4 SR Guncang Jawa Barat, Cilacap dan Gorontalo

Puji Astuti Official Writer
2971

Gempa berkekuatan 5,4 skala richter mengguncang beberapa wilayah di Indonesia secara berurutan. Di Daerah Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah merasakan goncangan gempa sekitar pukul 07.30 WIB Minggu (10/1). Daerah yang merasakan gempa antara lain adalah warga Tasikmalaya, Garut, Sukabumi dan Ciamis. Dari empat daerah tersebut, baru Garut yang melaporkan adanya korban terluka.

Pada saat terjadi gempa, warga berhamburan keluar rumah mereka karena trauma dengan kejadian gempa di tahun 2009 lalu. Gempa yang dirasakan warga Garut pada pukul 07.27 WIB ini mengakibatkan satu orang terluka terkena reruntuhan bangunan.

Pada pukul 15.09 WIB, giliran wilayah Gorontalo merasakan guncangan dengan kekuatan sama, yaitu 5,4 SR. Informasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) menyatakan gempa terjadi di episentrum 0.06 Lintang Selatan (LS) dan 123.28 Bujur Timur (BT). Lokasinya berada sekitar 70 kilometer Tenggara Gorontalo pada kedalaman 135 kilometer.

Guncangan gempa sepertinya akan masih sering dirasakan oleh masyarakat Indonesia, untuk itu penting untuk selalu waspada.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami