Lestari99

Official Writer
2370


Menyusul kesepakatan perdagangan bebas antara ASEAN-China, Indonesia diperkirakan akan kebanjiran produk Cina bila daya saingnya tidak segera diperbaiki. Padahal tanpa kesepakatan perdagangan pun, produk Cina sudah "mengepung' Indonesia. Indonesia sebaiknya melakukan pembenahan dulu sebelum bersaing dengan Cina. Karena bagaimanapun juga pelaku usaha kecil menengah (UKM) belum siap sepenuhnya menghadapi perdagangan bebas sebab ongkos produksi dan biaya modal (cost capital) masih terlalu tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Harry Warganegara selaku Ketua Bidang Perdagangan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Selain masalah energi yang belum sepenuhnya tersedia bagi pelaku usaha, biaya produksi masih sangat tinggi, sebab tidak ditopang oleh ketersediaan bahan baku, tingginya pungutan liar baik di masyarakat, pelabuhan dan birokrasi, buruknya infrastruktur serta masih tingginya bunga kredit UKM yang rata-rata di atas 16 persen. Sedangkan Cina dianggap jauh lebih siap menghadapi persaingan bebas itu.

Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa mengatakan, FTA ASEAN-Cina akan menciptakan 1,7 miliar konsumen di kawasan Gross Domestic Product (GDP) kawasan sekitar US$ 2 triliun. FTA juga akan menciptakan nilai perdagangan sebesar US$ 1,23 triliun. FTA ini akan menjadi yang terbesar secara populasi sedunia. Namun diperlukan terobosan secara radikal dari pemerintah untuk membuat pelaku usaha, terutama UKM, agar bisa bersaing di tingkat regional. Apalagi waktunya sudah sangat singkat. Masih banyak produk UKM sulit bersaing di tingkat nasional, apalgi secara regional.

Tanpa perdagangan bebas, produk Cina dianggap sudah sangat murah, apalagi dengan adanya perdagangan bebas nantinya. Cina merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga dunia. Sedangkan kawasan ASEAN merupakan mitra dagang dan investasi terbesar keempat Cina.

Melihat kondisi ini, sudah sepatutnya pemerintah mengambil langkah cepat dan radikal sebelum UKM nasional kita langsung gulung tikar atau mati secara perlahan karena ketidakmampuan bersaing.

Sumber : yahoonews


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us