Frans Seda, Satu Lagi Tokoh Nasional Mangkat

Nasional / 31 December 2009

Kalangan Sendiri

Frans Seda, Satu Lagi Tokoh Nasional Mangkat

Puji Astuti Official Writer
2817

Pada akhir tahun 2009 ini, Indonesia berduka. Dua orang tokoh nasional bangsa ini telah berpulang ke pangkuan Tuhan. Selain KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang meninggal pada Rabu (30/12) kemarin pada pukul 18.45, seorang tokoh nasional, Frans Seda juga wafat pada Kamis pukul 05.00 WIB.

Pria yang bernama lengkap Franciscus Xaverius Seda, dan akrab disapa Frans Seda ini merupakan putra daerah Flores. Frans Seda lahir di Flores, Nusa Tenggara Timur pada 4 Oktober 1926. Dia dikenal sebagai politikus, tokoh gereja, pengamat politik, pengusaha dan juga pernah menjabat menteri pada jaman pemerintahan Bung Karno dan juga di awal pemerintahan Orde Baru.

Frans Seda akan dimakamkan pada 3 Januari 2010 nanti, dan menurut informasi yang disampaikan oleh perwakilan keluarga yang juga mantan anggota komisi I DPR RI, Dr. Andreas H Pareira keluarga masih berunding dimana Frans akan dimakamkan, pilihan yang ada adalah di Jakarta atau di Flores, NTT.

"Dari putri beliau saya mendapat informasi, Oom Frans Seda (FS) meninggal sekitar pukul 05.00 subuh WIB di kediamannya di Pondok Indah, dan saat ini jenazahnya disemayamkan di rumah duka Jln Metro Kencana V/5 Pondok Indah, Jakarta Selatan," demikian pernyataan Dr. Andreas pada kantor berita Antara.

Frans Seda merupakan salah satu tokoh pendukung dari Megawati Soekarnoputri dan merupakan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan.

Segenap redaksi Jawaban.com turut berdukacita atas berpulangnya Frans Seda dan juga KH Abdurrahman Wahid kepangkuan Tuhan. Apa yang telah mereka berdua perjuangkan bagi bangsa ini dan teladan hidup mereka kiranya menjadi warisan yang berharga bagi segenap generasi muda Indonesia. Mari teruskan perjuangan para bapak bangsa ini dalam membangun negeri tercinta Indonesia.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami