Tips Anti Bangkrut di Akhir Tahun

Investment / 24 December 2009

Kalangan Sendiri

Tips Anti Bangkrut di Akhir Tahun

Budhi Marpaung Official Writer
2974

Tahun yang baru akan segera menjelang dan tanpa terasa berarti 1 tahun sudah berjalan. Ada banyak suka dan duka; kesalahan dan keberhasilan sudah menjadi satu dalam sebuah harmoni kenangan.

Untuk mengakhiri tahun yang akan berganti biasanya orang-orang di perkotaan khususnya merayakannya dengan "luar biasa" dan tanpa sadar uang yang ada di kantong kita pun mengalir keluar dengan begitu derasnya. Bagi orang-orang yang mempunyai uang yang banyak, hal tersebut tidak akan menjadi masalah, namun cobalah ditanyakan kepada orang-orang yang memiliki ekonomi tidaklah seberapa, pasti akan langsung tujuh keliling begitu tahun baru telah selesai dirayakan.

Untuk mengatasi hal ini, maka kita harus mengetahui tips-tips agar kondisi keuangan kita tetaplah stabil setelah berhura-hura selama liburan akhir tahun. Berikut tipsnya:

1. Tetapkan anggaran yang akan Anda keluarkan di bulan Desember ini. Buatlah perencanaan pengeluaran yang tentunya sesuai dengan anggaran Anda. Poin utama yang perlu diingat disini adalah jangan sekali-kali berencana untuk membeli atau membayar sesuatu yang tidak dalam anggaran atau melebihi dari perencanaan anggaran.

2. Bayar pengeluaran Anda dengan uang tunai dan tidak disarankan menggunakan kartu kredit.

3. Jika Anda adalah orang yang sangat aktif di akhir tahun ini, mulai kurangi kegiatan-kegiatan yang memakan biaya yang cukup besar seperti berhenti sementara dari keanggotaan fitness atau senam.

4. Daripada membuat pesta Natal, atau tahun baru sendiri yang memakan biaya besar, lebih baik ajaklah teman-teman mengorganisir pesta bersama yang biayanya ditanggung bersama. Percayalah uang yang Anda keluarkan akan jauh lebih sedikit dibanding membuatnya sendiri.

5. Jika Anda hendak membuat pesta Natal atau tahun baru di rumah, janganlah membuat tema-tema khusus sehingga para undangan pun tidak harus mempersiapkan pakaian tertentu ke pesta yang Anda buat. Dan bagi diri sendiri, Anda pun juga akhirnya tidak perlu membeli pakaian baru.

6. Tidak usah merasa menjadikan bahwa tahun baru harus diisi dengan pemberian hadiah kepada orang-orang yang dekat dengan Anda. Ucapkan kata-kata yang menunjukkan rasa terima kasih dan ucapan syukur kepada setiap orang yang datang.

7. Untuk teman-teman sekerja, lebih baik membawa sebuah cake yang enak untuk dinikmati bersama, daripada memberi hadiah pada setiap orang, yang belum tentu cocok dengan selera orang yang diberi.

8. Katakan pada the big givers in your life seperti orang tua, kakak, atau siapapun yang selalu memberikan hadiah pada Anda setiap tahunnya. "Akan sangat berguna bagi saya jika hadiah akhir tahunnya bisa untuk menambah tabungan saya."

9. Bila hendak bepergian ke luar negeri atau luar kota di akhir tahun ini maka lakukanlah hal itu dengan dana yang sudah dianggarkan bagi kegiatan tersebut sebelumnya. Usahakan jangan mengambil dana yang sudah dipos-poskan karena itu akan membuat Anda menjadi tidak teratur dalam merencanakan keuangan.

10. Tetapkan tujuan berlibur, apakah akan lebih banyak menikmati obyek-obyek wisata, atau lebih banyak berbelanja. Dari sini, sebenarnya Anda sudah mengetahui berapa besar biaya yang akan Anda keluarkan karena kedua tujuan kegiatan ini sangatlah berbeda jauh. Bila Anda memang ingin berlibur, maka pilihlah tempat-tempat yang menarik hati Anda dan mulai masukkan ke dalam anggaran akhir tahun. Begitu pun bagi yang ingin berbelanja, pilihlah tempat-tempat belanja yang Anda sukai dan sesuai dengan anggaran Anda saat ini.

11. Akhir tahun adalah waktu yang paling tepat untuk introspeksi dan menetapkan resolusi diri. Oleh karenanya, tidak ada yang salah bila Anda melakukan kegiatan amal di akhir tahun ini.  Percayalah, uang yang Anda keluarkan untuk beramal, suatu saat nanti akan datang kepada Anda dalam bentuk atau jumlah yang lebih baik.

Tahun baru bukanlah waktu semakin bertambahnya masalah keuangan Anda, tetapi justru kesempatan untuk membuktikan keahlian pengelolaan keuangan Anda. Selamat mengatur keuangan Anda.

Sumber : tipsanda.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami