Pastor John Jonga, Potret HAM di Indonesia Timur

Nasional / 15 December 2009

Kalangan Sendiri

Pastor John Jonga, Potret HAM di Indonesia Timur

Puji Astuti Official Writer
4574

Pria berusia 51 tahun dan telah mengabdikan hidupnya selama 23 tahun di Papua sebagai seorang pastor ini menerima penghargaan Yap Thiam Hien Award 2009 atas dedikasinya membela hak asasi manusia. Pastor John Jonga, Pr atau lebih akrab di panggil Pastor John ini pada 10 Desember 2009 lalu menerima penganugrahan tersebut di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sekalipun Pastor John Jongga berasal dari Nusa Tenggara Timur, namun cintanya bagi tanah Papua tidak diragukan lagi. Ketika kesewenang-wenangan dan penindasan terjadi atas rakyat Papua, tanpa ragu Pastor John Jonga berada di barisan paling depan membela mereka.

Saat menerima penghargaan Yap Thiam Hien Award 2009 pada Kamis (10/12) lalu, menurut Pastor John hak asasi manusia di Indonesia masih di anak tirikan, terutama bagi warga Papua.

Perjuangan Pastor John bukanlah tanpa tantangan. Berbagai intimidasi dan ancaman yang mengincar nyawanya harus dihadapinya karena begitu berani menyuarakan kebenaran tanpa pandang bulu. Tidak perduli siapa yang berbuat salah, pihak militer pun ketika melakukan kesewenang-wenangan, Pastor John tidak segan menghadapi mereka. Hal inilah yang membuatnya di pandang sebagai Pastor OPM atau  kerap di tuding membantu gerakan Papua Merdeka.

Namun yang pasti dari pria yang sudah mendedikasikan hidupnya bagi Tuhan ini, dia sangat mencintai orang-orang Papua dan bukan seperti orang lain yang kebanyakan hanya mencintai kekayaan yang ada di Papua. Selamat bagi Pastor John atas penghargaan yang diterimanya, terus maju demi masyarakat Papua yang lebih baik lagi. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami