7 Langkah Mudah Untuk Mengatur Waktu Anda

Investment / 15 December 2009

Kalangan Sendiri

7 Langkah Mudah Untuk Mengatur Waktu Anda

Puji Astuti Official Writer
3194

Setiap hari, sepertinya berlalu begitu cepat. Belum juga Anda selesai dengan tugas dan target yang telah Anda tetapkan, namun jam kantor sudah menunjukkan jam pulang. Jika Anda mengalami hal ini, berarti Anda perlu mengatur waktu Anda dengan baik. Berikut tips agar Anda bisa membuat hari-hari Anda lebih produktif lagi.

1. Menetapkan tujuan, prioritas, rencana... rencana... rencana...

Jelaskan Anda-tujuan jangka pendek dan prioritas, setiap hari, dan juga tujuan jangka panjang.
Mengatur waktu untuk membuat perencanaan. Satu jam dari perencanaan dapat menyelamatkan tiga sampai empat jam kerja Anda.

Tulis kegiatan harian dan mingguan dalam jadwal dengan prioritas dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaannya. Tempatkan jadwal Anda di suatu tempat di mana Anda dapat melihatnya sepanjang waktu.
Hindari urgensi. Konsentrasi pada isu-isu yang paling penting dari pekerjaan Anda.

Tanpa tujuan, Anda tidak bisa tahu apa yang harus dilakukan. Tanpa jadwal Anda tidak tahu, kapan harus melakukannya.

2. Minimalkan rapat dan interupsi

Hindari Rapat (sebanyak yang Anda bisa). Sebelum menerima permintaan untuk suatu pertemuan, coba cari alternatif lainnya. Jika Anda harus menghadiri, batasilah waktunya. Selama pertemuan, pastikan bahwa pertemuan dimulai tepat waktu. Gunakan jadwal pertemuan dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Setelah rapat, buat catatan rapat seakurat mungkin.

Minimalkan interupsi melalui telepon atau pengunjung. Delegasikan telepon, dan pengunjung kepada orang lain jika mungkin. Bila Anda harus menghubungi seseorang, cobalah untuk men-setup standar waktu untuk menelepon dia.

3. Atur meja kantor Anda

Buang dari meja Anda semua yang tidak Anda perlukan, kecuali hal-hal yang Anda butuhkan untuk pekerjaan tertentu.

Buat folder (map) di mana Anda dapat menyimpan dokumen-dokumen untuk setiap tugas sampai Anda menyelesaikannya.Hanya simpan file yang Anda butuhkan. Buang sisanya.
Jangan meninggalkan tugas-tugas Anda jika belum selesai. Jika mungkin selesaikan tugas yang sudah Anda memulai.

4. Delegasikan Pekerjaan

Anda harus memahami bahwa waktu Anda perlu berinvestasi untuk melatih seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan akan menguntungkan Anda berkali-kali di masa depan. Jangan melakukan sesuatu yang Anda dapat delegasikan kepada orang lain. Cari orang yang paling sesuai, jika mungkin, untuk pekerjaan yang tidak Anda inginkan. Sebisa mungkin berikan instruksi secara tertulis

5. Kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan, jangan berhenti pada apa yang tidak bisa dikerjakan.
Lakukan pekerjaan yang paling mudah dulu, dan jadikan prioritas kedua pekerjaan yang sulit. Hargai waktu Anda secara realistis. Kerjakan pekerjaan tepat waktu dan bahkan jika bisa sebelum tenggat waktu. .

6. Belajarlah untuk mengatakan TIDAK

Mengapa Anda takut untuk mengatakan TIDAK:
* Tidak jelas prioritas
* Takut menghina orang lain
* Kebutuhan untuk menjadi seorang yang baik
* Ingin menyenangkan orang lain

Pelajari 4 langkah penolakan ini:
1. Dengarkan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa Anda telah mengerti
2. Belajarlah untuk berkata "tidak" (jangan katakan "mungkin" atau "mungkin")
3. Jelaskan alasan atau alasan-alasan untuk mengatakan TIDAK (jika diperlukan)
4. Sarankan alternatif (jika mungkin)

7. Melacak waktu Anda

Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda adalah pertama-tama mengidentifikasi di mana Anda menghabiskan waktu Anda setiap hari. Salah satu cara untuk melakukannya adalah untuk menyimpan catatan kalender dan mengambil sebuah tindakan. Anda dapat melakukan itu selama tiga hari dan pada akhir tiga hari Anda dapat menganalisis hasilnya serta mengambil tindakan yang diperlukan. Dalam kalender Anda, Anda harus memiliki hal-hal berikut:

  • Tulis tanggal dan target.
  • Merekam semua pada siang hari. Sertakan semua istirahat dan interupsi.
  • Gunakan simbol dan singkatan untuk tindakan berulang-ulang seperti panggilan telepon ke luar, panggilan telepon dari luar, dll
  • Taruh prioritas dalam semua tugas. Pada akhir hari periksa berapa banyak waktu yang digunakan untuk setiap tugas prioritas tinggi.
  • Tambahkan komentar pada setiap tugas tentang bagaimana hal ini dapat ditingkatkan di masa mendatang.
Sumber : Manageyourlifenow.com
Halaman :
1

Ikuti Kami