Kontroversi Patung Obama Kecil Di Taman Menteng

Nasional / 14 December 2009

Kalangan Sendiri

Kontroversi Patung Obama Kecil Di Taman Menteng

Lestari99 Official Writer
4159

Baru tiga hari berdiri di Taman Menteng, patung kecil Barack Obama sudah menimbulkan kontroversi. Heru Nugroho selaku perwakilan dari Yayasan Gapura Wika Nusantara memotori penolakan Patung Obama di Taman Menteng. Selain membuat grup di Facebook, Heru juga menyurati Gubernur Fauzi Bowo dengan tembusan kepada DPRD Jakarta untuk mempertanyakan kredibilitas pembangunan patung tersebut.

Menurut Heru, pendirian patung tersebut telah melecehkan prinsip-prinsip dasar kedaulatan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat Pancasila dan UUD 1945. Pendirian patung tersebut dianggap tidak memiliki visi kebangsaan, dan seharusnya ada tokoh nasional lain yang layak dijadikan bahan pembelajaran sejarah selain Barack Obama yang notabene adalah orang asing bagi Bangsa Indonesia. Selanjutnya Heru menambahkan bahwa ia tidak menginginkan patung tersebut menciptakan ruang konflik disintegrasi nasional yang dapat berakibat buruk pada kelansungan dan masa depan Republik Indonesia.

Di lain pihak, Ketua Yayasan Friends of Obama, Ron Mueller, meminta agar patung tersebut dapat dilihat secara positif. Adanya patung tersebut membuat Taman Menteng saat ini dikenal di seluruh dunia. Obama sendiri telah berjasa membuat imej yang bagus untuk Indonesia. Karena dalam berbagai kesempatan, Obama sering berkata, "Saya sekolah di Indonesia, saya makan nasi goreng, makan petai, saya cinta Indonesia." Sehingga adanya penolakan terhadap keberadaan patung ini sangat disayangkan oleh Mueller.

"Bagi orang yang anti dengan patung ini, tolong lihat sisi positifnya. Berita ini sudah tersebar ke mana-mana di seluruh dunia. Dunia internasional jadi tahu Taman Menteng sekarang," ujar pria yang juga masih keturunan Indonesia ini.

Dibuatnya Patung Obama di Taman Menteng semata-mata untuk menceritakan bahwa salah seorang pemimpin dunia, Barack Obama dulu pernah tinggal di Indonesia. Ia pernah tinggal selama 4 tahun di Indonesia dan memiliki hubungan batin dengan Indonesia. Obama pernah bermain di Menteng, punya banyak teman orang Indonesia dan cinta Indonesia. Dan anak kecil ini kemudian pergi ke AS dan jadi Presiden AS, salah satu negara yang paling kuat di dunia. Hal ini bisa jadi inspirasi yang positif bagi anak-anak Indonesia.

Segala sesuatu memang dapat dilihat secara positif maupun negatif oleh seseorang, tergantung dari sisi mana ia memandang hal tersebut. Menurut Anda sendiri, apakah pendirian Patung Obama kecil di Taman Menteng akan membawa pengaruh yang positif atau negatif bagi bangsa ini? Semuanya tergantung dari sudut pandang mana Anda melihat hal tersebut.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami