Cara Tepat Agar Anda Tidak Ragu Mengonsumsi Telur

Gizi & Nutrisi / 11 December 2009

Kalangan Sendiri

Cara Tepat Agar Anda Tidak Ragu Mengonsumsi Telur

Budhi Marpaung Official Writer
4287

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki protein yang tinggi. Setiap bagiannya memiliki kegunaan bagi tubuh manusia. Namun, bagi beberapa orang telor merupakan hal yang menakutkan bagi mereka. Salah satu yang membuat itu terjadi adalah karena takut dengan kadar kolestelor tubuh yang akan semakin bertambah. Namun, apakah tidak ada jalan lagi untuk mengatasi hal ini? Tentu ada.

Dibawah ini merupakan trik mengonsumsi telor secara sehat sehingga tubuh Anda tetap bugar dan terhindari dari penyakit-penyakit seperti kolesterol:

1. Bila Anda memakan satu butir telor besar, usahakan agar Anda membatasi mengonsumsi makanan yang memiliki kolesterol dari makanan lain sampai sekitar 90 mg perhari.

2. Pilihlah makanan turunan susu dan berbahan rendah. Bila Anda bukanlah pecinta makanan jenis ini maka usahakan menyukainya.

3. Buat setidaknya satu jenis makanan vegetarian. Jangan terus menerus memakan makanan yang berasal dari hewan. Masukkan sayur-sayuran atau makanan yang mengandung protein nabati dalam menu makanan sehari-hari Anda. Makanan-makanan jenis ini tidak mempunyai kandungan kolesterol sehingga sangat aman dianjurkan untuk dikonsumsi.

4. Pilihlah daging yang memiliki berat tidak lebih dari 85 gram atau dengan kata lain rendah lemak. Kandungan lemak yang tidak besar dari daging dapat membuat bobot tubuh Anda akan tetap terjaga dengan baik dan menyehatkan.

5. Beralihlah ke telur dengan ukuran sedang dan sudah dipastikan Anda sudah mengurangi kelebihan 25 mg kolesterol.

 

Bila kelima cara diatas dijalankan dengan baik dan konsisten tidak perlu ada lagi ketakutan mengonsumsi makanan unggas ini bukan?

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami