8 Pelajaran Dasar Tentang Uang

Investment / 11 December 2009

Kalangan Sendiri

8 Pelajaran Dasar Tentang Uang

Puji Astuti Official Writer
2958

Untuk bisa mengelola keuangan pribadi Anda dengan baik, Anda harus mengenal 8 hal dasar pengelolaan uang ini. Jika tidak, maka harapan Anda untuk mengalami kemerdekaan financial maka akan menjadi sekedar impian saja. Tapi yang terpenting, ketika Anda telah mendapat pengetahuan ini adalah bertindak untuk melakukannya. Ingatlah bahwa mimpi tanpa tindakan hanyalah sekedar mimpi saja.

  1. Tahu kemana saja uang Anda. Buat anggaran pembelajaan dan menabung. Dengan cara ini, setiap akhir bulan Anda punya pembanding apakah Anda sudah cukup baik mengatur keuangan atau tidak.
  2. Bayar tagihan sebagai tindakan pertama saat menerima gaji. Asuransi, angsuran rumah, angsuran mobil dan kartu kredit harus menjadi prioritas utama sebelum membuat pembelanjaan lain.
  3. Menabung! Pisahkan langsung dari gaji Anda setiap bulannya untuk menabung. Tentukan jumlahnya dan buatlah rekening khusus untuk itu. Jika perlu, buat potongan langsung dari rekening Anda setiap bulannya.
  4. Hindari mengunakan kartu kredit. Kartu kredit adalah pinjaman. Artinya Anda harus membayar bunga dan juga biaya tahunan. Ini adalah pengeluaran yang seharusnya bisa Anda hindari.
  5. Buat rencana pensiun sedini mungkin. Jika kantor Anda menawarkan untuk pemotongan gaji untuk Asuransi Tunjangan Hari Tua, pastikan Anda mengambilnya. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda nantinya.
  6. Tahu pasti kapan dan dimana Anda akan membeli rumah. Jangan dibutakan dengan harga perumahan yang terus naik. Pastikan Anda membeli rumah yang sesuai dengan kemampuan Anda sehingga Anda tidak dipusingkan dengan angsuran yang tiba-tiba membengkak karena naiknya bunga bank.
  7. Miliki asuransi yang memadai dengan harga yang tepat. Pastikan asuransi yang Anda ambil menjawab kebutuhan Anda. Pelajari dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli asuransi itu. Jangan karena desakan agen asuransi Anda terburu-buru memutuskan.
  8. Jangan takut investasi. Taruh telur Anda dalam beberapa keranjang. Pilih saham, obligasi, danareksa, dan logam mulia untuk investasi Anda. Pastikan Anda siap dengan resikonya. Namun jangan terlalu takut sehingga sama sekali tidak berinvestasi, itu lebih berbahaya.

Tahun baru sudah di depan mata. Ini adalah saat yang tepat untuk menata kembali keuangan Anda. Sukses bagi Anda.

Sumber : kiplinger.com
Halaman :
1

Ikuti Kami