Hadiah Natal Spesial Dari Wycliffe Untuk Tanzania

Hadiah Natal Spesial Dari Wycliffe Untuk Tanzania

Daniel Official Writer
3529

Selama Natal tahun ini, lebih dari 2 juta orang Afrika akan dapat membaca kisah kelahiran Tuhan Yesus dalam bahasa mereka sendiri untuk pertama kalinya. Ini adalah bagian dari sebuah proyek yang ambisius untuk menerjemahkan Alkitab dalam 9 bahasa Afrika.

Dalam proyek tersebut, Danny Foster, seorang ahli bahasa dari Kanada, yang dibantu oleh  18 orang Tanzania telah selesai menerjemahkan pasal pertama Injil Lukas yang bercerita tentang kelahiran Yesus Kristus. Mereka berada dibawah naungan organisasi Wycliffe, sebuah organisasi penerjemah Alkitab terbesar di dunia.

Foster berkata," Saya percaya setiap orang akan mengerti dengan baik jika membaca Firman Tuhan dalam bahasa mereka sendiri, ini adalah pesan hati Tuhan untuk hati manusia." Tetapi menerjemahan 9 bahasa Afrika adalah sebuah tantangan besar. Pertama, mereka harus menciptakan huruf yang akan mereka pakai untuk menulis Injil Lukas 1 dan 2, karena bahasa-bahasa tersebut belum pernah ditulis sebelumnya.

Musoma adalah sebuah kota di kawasan yang disebut Mara Region di sebelah utara Tanzania. Kota ini memiliki 4 juta penduduk dengan 9 bahasa yang  biasa mereka pakai.

Tidak hanya menerjemahkan Alkitab tetapi Wycliffe juga memerangi buta huruf dan mengadakan proyek-proyek kesehatan untuk masyarakat dimana mereka mengerjakan penerjemahan. Mereka menaikan tingkat pendidikan masyarakat. Dulu mereka membutuhkan 15 sampai 20 tahun untuk menerjemahkan seluruh Perjanjian Baru, tetapi saat ini mereka menargetkan 1000 sampai  1500 ayat pertahun dan ini berarti membutuhkan kira-kira 7 atau 8 tahun ke depan sampai seluruh Perjanjian Baru selesai.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami